Kompas.com - 18/06/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Presidensi Indonesia G20 mengantisipasi maraknya penyakit zoonosis (penyakit pada hewan yang menular ke manusia) dengan memperkuat komitmen One Health.

Perlu diketahui, One Health adalah pendekatan yang mengusung konsep kesehatan manusia terkait erat kesehatan hewan dan lingkungan.

Pendekatan ini digunakan untuk merancang dan menerapkan kolaborasi program, kebijakan, regulasi, dan riset untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Baca juga: 3 Isu Kesehatan Utama yang Diusung G20

Juru Bicara Indonesia di G20 Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, konsep One Health disepakati forum G20 sebagai salah satu platform untuk memitigasi pandemi akibat zoonosis di masa depan.

“Saat ini hampir 60-70 persen penyakit zoonosis telah memicu pandemi,” kata Nadia di acara Temu Media Pre-Event The First Health Ministerial Meeting di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Jumat (17/6/2022).

Menurut Nadia, konsep One Health direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Badan Kesehatan Hewan Dunia, serta Badan Kesehatan Lingkungan Hidup Dunia.

Senada dengan Nadia, Team Leader Australia Indonesia Health Security Partnership John Leigh menyatakan, selama dua sampai tiga dekade terakhir, penyakit baru yang beredar dan mewabah di dunia adalah penyakit zoonosis.

Leigh berpendapat, semua negara perlu bergandengan tangan untuk melakukan pendekatan terpadu dalam memantau kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

“Harapannya, lebih banyak penyakit (zoonosis) yang bisa dicegah jika kita dapat memantau kondisi hewan dan lingkungan di sekitar kita” katanya di sela-sela Side Event One Health di Lombok, dilansir dari SehatNegeriku, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: G20 Dukung Penyetaraan Sertifikat Digital Vaksin Covid-19

Penyakit zoonosis dari masa ke masa

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), jutaan orang dan hewan di seluruh dunia setiap tahun terkena penyakit zoonosis.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.