Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doyan Daging Merah Berisiko Diabetes

Kompas.com - 13/08/2011, 01:43 WIB

KOMPAS.com Penelitian terbaru mengindikasikan, mereka yang rutin mengonsumsi daging merah dan produk daging olahan (processed meat) menghadapi risiko yang lebih besar mengidap penyakit diabetes tipe-2.

Ini merupakan kesimpulan para ahli di Harvard School of Public Health setelah menganalisis ratusan ribu data responden yang berpartisipasi dalam studi jangka panjang di Amerika Serikat.

Para peneliti menemukan, dengan mengonsumsi 100 gram dagi merah non-olahan setiap hari, risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 mengalami kenaikan hingga 19 persen. Angka ini muncul setelah peneliti memperhitungkan faktor usia dan indeks massa tubuh.

Sementara itu, kebiasaan mengonsumsi 50 gram daging olahan, seperti sosis atau sekitar dua iris daging bacon, dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 51 persen.

"Jelas, hasil penelitian ini memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan masyarakat dengan ditunjukkannya peningkatan epidemik diabetes tipe 2 dan meningkatnya jumlah orang yang mengonsumsi daging merah di seluruh dunia," ujar Dr Frank Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard.

"Kabar baiknya adalah faktor risiko yang mengancam tersebut dapat diimbangi dengan cara mengganti daging merah dengan makanan yang mengandung protein sehat," tambahnya.

Sejumlah penelitian lainnya juga memperingatkan bahaya konsumsi daging merah dan daging olahan. Dua jenis makanan ini dikaitkan dengan meningkatnya risiko mengidap kanker usus besar.

World Cancer Research Fund sendiri merekomendasikan untuk membatasi konsumsi daging merah. Anda sebaiknya menyantap daging merah tidak lebih dari 500 gram per minggu, dan menghindari sebisa mungkin produk daging olahan. (M10-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com