Jumat, 24 Oktober 2014 04:14
Caring by Sharing | Kompas.com

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Ditinggal Dokter Makan Siang Saat Operasi, Pasien Meninggal

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 10 September 2012 | 07:57 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Seorang pria Swedia yang tengah menjalani pembedahan meninggal di meja operasi karena ditinggal dokter anestesi dan perawat yang makan siang ketika prosedur operasi sedang berlangsung.

Pria berusia 72 tahun itu menjalani pengangkatan tumor pada ginjalnya di sebuah rumah sakit di Swedia dan mendapatkan anestesi pada pukul 10.45. Menurut The Local, dokter kepala anestesi kemudian meninggalkan ruang operasi untuk makan siang, diikuti oleh perawat anestesi 15 menit kemudian.

Karena tidak ada dokter anestesi lain yang menggantikan, perawat pengganti yang diambil dari bagian ortopedi juga tidak paham menangani mesin pernapasan (respirator).

Tak berapa lama, pasien itu mengalami perdarahan dalam dan tekanan darahnya anjlok. Perawat pengganti terus berusaha mencari dokter anestesi, tetapi pada pukul 13.00 kondisi pasien kritis.

Dokter anestesi dan perawat akhirnya kembali dari makan siang dan menemukan mesin pernapasan pasien sudah mati sehingga pasien kehabisan oksigen selama 8 menit. Mereka kemudian berusaha memberikan bantuan pernapasan, tetapi tidak berhasil.

Karena kekurangan oksigen, pasien mengalami kerusakan otak parah dan meninggal.

Akibat insiden tersebut, pihak keluarga pasien melaporkan dokter dan rumah sakit kepada departemen kesehatan Swedia.


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui