Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2013, 08:35 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber FOXNews

KOMPAS.com — Setiap olahraga memang baik, tetapi jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, tak ada yang bisa mengalahkan olahraga lari. Bahkan, berlari adalah cara paling efisien untuk membakar kalori tanpa harus diet ketat.

Jika Anda sudah hobi berlari, silakan lanjutkan. Namun, jika Anda belum menyukai lari tetapi menargetkan untuk menurunkan berat badan pada tahun ini, simak empat alasan mengapa berlari adalah olahraga terbaik untuk langsing.

1. Efek jangka panjang
Olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari akan memicu pembakaran kalori setelah olahraga dibandingkan dengan olahraga intensitas rendah. Efek pembakaran kalori ini bahkan bertahan cukup lama meski kita sedang beristirahat.

Dalam sebuah perbandingan jangka panjang antara pelari dan pejalan kaki diketahui, kalori yang dibakar karena berlari membuat penurunan berat 90 persen lebih banyak dibanding dengan olahraga jalan kaki.

2. Pembakaran paling cepat
Meski ada mitos bahwa antara berlari satu mil dan berjalan kaki satu mil bisa membakar kalori dalam jumlah yang sama, tetapi berlari tetaplah cara paling cepat untuk membakar kalori tersebut.

Dalam olahraga intensitas tinggi 7 menit seperti yang ditemukan oleh tim dari Human Performance Institute memang kalori yang dibakar per menit sama dengan berlari. Tetapi, karena olahraga itu durasinya singkat maka total kalori yang dibakar tetap tidak sebanyak jika Anda berlari.

3. Murah dan mudah
Berlari pada hakikatnya adalah olahraga yang mudah dan murah. Anda bisa melakukannya sendiri dan di mana saja. Bahkan Anda tidak perlu peralatan apa pun selain sepasang sepatu lari. Dengan kata lain, hampir tidak ada halangan untuk rutin berlari, bahkan saat Anda sedang bepergian.

4. Bikin kecanduan
Peraturan utama dalam hal penurunan berat badan adalah jika Anda tidak menyukainya maka Anda tak akan disiplin melakukannya. Nah, berbagai studi menunjukkan, para pelari sering kali merasakan efek kecanduan dari olahraga ini.

Para ilmuwan menemukan kaitan antara olahraga intensitas sedang sampai tinggi dengan pelepasan endocannabinoids, zat kimia seperti morfin di otak. Tak heran jika saat berlari akan muncul sensasi rasa gembira sehingga Anda selalu ingin melakukannya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com