Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2016, 20:45 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin bagi sebagian orang, menempelkan plester pada daerah kaki yang rawan lecet tampak seperti cara kuno. Namun, penelitian baru dari Stanford University School of Medicine menyatakan, menggunakan plester ampuh mencegah kaki dari lecet yang menyakitkan.

 

Para peneliti menemukan, para pelari yang menutupi beberapa bagian kaki yang sensitif lecet dengan plester bisa mengurangi kemungkinan kaki lecet hingga 40 persen.

 

Bahkan, hanya 23 persen dari pelari yang mengalami lecet di bagian kaki, karena menggunakan plester. Ketimbang tak menggunakan plester, tercatat ada 63 persen pelari yang mengalami lecet kaki akibat pemakaian sepatu.

 

“Lecet pada kaki terjadi ketika sel-sel kulit menjadi rusak dan terpisah akibat gesekan dari sepatu. Dan plester bisa mengurangi terjadinya gesekan tersebut sehingga kemungkinan terjadinya iritasi kulit menjadi lebih kecil”, kata penulis studi Hibah Lipman, gelar M.D.

 

Untuk melihat efektivitas penggunaan plester, penelitian ini melibatkan para pelari maraton pria yang rentan mengalami lecet, entah itu karena latihan yang sering atau memakai sepatu baru.

 

"Saya memutuskan untuk menggunakan beberapa plester di pergelangan sejak minggu lalu, sebab sepatu yang saya pakai selalu membuat kaki saya lecet bahkan melepuh di tempat yang sama setiap waktu," kata Dr Lipman.

 

Dr Lipman merekomendasikan, untuk mencegah lecet pada kaki akibat pemakaian sepatu, gunakan plester sebelum Anda berjalan, berlari, atau mendaki. Lakukan juga ketika Anda menggunakan alas kaki baru dan berhenti setelah alas kaki menjadi lebih lentur dan nyaman.

 

“Lembabkan pula kaki Anda dengan lotion setiap malam untuk menjaga kulit lembut dan mencegah kapalan. Menjaga kuku kaki tetap pendek juga dapat membantu menghentikan lecet di bagian jari,” papar Dr. Lipman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com