Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur, Aplikasi Tak Pakai "Ribet" untuk Kesehatan

Kompas.com - 27/05/2016, 09:43 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
–  Kesadaran mengenai kesehatan kerap kali berhadapan dengan tantangan finansial, bila pemantauan harus selalu dilakukan dengan mendatangi fasilitas medis. Belum lagi soal waktu, kalaupun dana bukan persoalan.

Kabar baik, teknologi juga tak abai pada persoalan ini. Industri yang memiliki kaitan dengan layanan kesehatan juga makin banyak yang melirik peluang dari teknologi untuk memperluas layanannya. Asuransi Astra, misalnya.

Bertempat di The Annex Building, Rabu (25/5/2016) malam, Asuransi Astra meluncurkan aplikasi kesehatan “Medcare”. Ada 9 fitur di dalam aplikasi yang bisa dipasang di ponsel berbasis Android dan iOS di dalam aplikasi ini.

CEO Asuransi Astra, Santosa, mengatakan, aplikasi ini tidak membatasi penggunanya pada peserta asuransi garda medika saja. “Filosofi kami, sebagian besar fitur yang ada di Medcare bisa digunakan oleh siapa saja walaupun bukan peserta asuransi Garda Medika, “ ujar dia.

Ada tiga fitur utama dalam aplikasi ini untuk pendukung gaya hidup sehat. Pertama, Daily Activity. Fitur ini membantu pengguna mengatur sendiri menu makan, serta takaran minum air putih, kopi, dan teh.

Kedua, fitur Wellness. Dengan fasilitas ini, pengguna bisa menentukan jadwal dan jenis olahraga yang akan dilakukan. (Baca: Patah Hati, Jangan Lalu "Terbunuh" Sepi!)

Ketiga, Reminder. Memakai fitur ini, pengguna bisa mendapatkan pengingat untuk semua aktivitas yang disetel di fitur Daily Activity dan Wellness.

Selain mendukung gaya hidup sehat, ada juga tiga fitur untuk membantu pengguna memantau kesehatan.

Pertama, fitur Symptoms untuk mencatat riwayat obat yang dikonsumsi dan gejala penyakit yang diderita. Pengguna tinggal membuka fitur ini ketika berobat ke dokter.

Kedua, fitur Medical Control, untuk penjadwalan cek kesehatan rutin. Terakhir, fitur Medication, untuk mencatat jenis obat dan frekuensi konsumsinya.

Masih ada lagi, aplikasi ini punya pula fitur lain seperti Call Garda Akses dan Garda Medika, khusus bagi peserta asuransi Medika. Memakai fitur Garda Medika, klaim bisa dilakukan secara online, sementara Call Garda Akses memungkinkan pengguna asuransi melakukan panggilan darurat medis lewat aplikasi tersebut.

“Kami tidak berharap pengguna menggunakan tiga fitur tersebut. Kami berharap pengguna selalu sehat.  Namun, kalau memang dalam keadaan darurat akan kami layani dengan cepat,“ ujar Santosa.

Peluncuran Medcare dilakukan bersamaan dengan peluncuran aplikasi CRakses untuk pelanggan asuransi komersial dan pembaruan aplikasi lain seperti Otocare versi 2.0.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com