Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Kopi Dapat Memicu Serangan Jantung? Begini Kata Ahli

Kompas.com - 27/12/2022, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa minum kopi secara berlebihan dapat memicu serangan jantung?

Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi dua cangkir kopi dapat memicu atau menggandakan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Baca juga: Apakah Minum Kopi Bisa Menyebabkan Darah Tinggi atau Hipertensi?

Namun, risiko serangan jantung akibat minum kopi hanya terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, bukan pada orang sehat dengan tekanan darah normal. 

Kopi memicu serangan jantung pada orang hipertensi

Penelitian yang diterbitkan dalam American Heart Association (AHA) pada 21 Desember 2022, menunjukkan dampak negatif konsumsi kopi pada orang hipertensi atau memiliki tekanan darah tinggi.

Dalam penelitian tersebut, para ahli memeriksa data dari 18.609 partisipan berusia 40-79 tahun.

Partisipan menjalani pemeriksaan kesehatan serta mengisi kuesioner gaya hidup, pola makan, dan riwayat kesehatan.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi yang mengonsumsi 2 cangkir atau lebih kopi lebih berisiko terkena serangan jantung.

Kopi atau kafein dapat memicu serangan jantung atau penyakit kardiovaskular pada orang hipertensi karena berpotensi meningkatkan tekanan darah, menyebabkan jantung berdebar, dan kecemasan.

"Konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat serangan jantung atau penyakit kardiovaskular pada orang hipertensi. Namun, konsumsi kopi tidak memengaruhi orang dengan tekanan darah normal." begitu bunyi kesimpulan dari ahli.

Karena itu, orang dengan tekanan darah tinggi perlu berkonsultasi dengan dokter apakah perlu membatasi minum satu cangkir kopi saja atau berhenti mengonsumsi minuman berkafein.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Tunda Kematian, Kok Bisa?

 

Cara mengetahui apakah minum kopi memengaruhi orang hipertensi

Dilansir dari Mayo Clinic, untuk mengetahui apakah kafein yang terkandung pada kopi dapat memengaruhi orang dengan hipertensi, Anda bisa melakukan cek tensi sebelum menghabiskan minuman Anda.

Cek tensi atau tekanan darah bisa dilakukan 30 menit sebelum minum kopi dan diulang pada 2 jam setelahnya.

Jika tekanan darah Anda meningkat sekitar 5 sampai 10 poin, Anda mungkin sensitif terhadap efek peningkatan tekanan darah dari kafein.

Untuk menghindari dampak negatif seperti serangan jantung, Anda dapat mengurangi konsumsi kopi secara perlahan. Jangan langsung berhenti total, karena akan menimbulkan efek samping, antara lain:

  1. Sakit kepala
  2. Kelelahan
  3. Sulit berkonsentrasi
  4. Mual
  5. Nyeri Otot
  6. Lekas marah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com