Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obat Bisul Alami yang Dapat Dijajal di Rumah

Kompas.com - 08/09/2023, 08:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika bisul muncul, sebagian orang memilih bahan alami ketimbang obat kimia karena dianggap lebih minim efek samping. 

Dilansir dari ClevelandClinic, bisul adalah penyakit kulit yang ditandai dengan bintil bengkak, berisi nanah, dan bermata.

Penyakit kulit ini dapat menyerang siapa saja dan bisul bisa menular. Kenali beberapa obat bisul alami yang bisa dijajal berikut ini. 

Baca juga: 8 Cara Mengobati Bisul Pakai Obat dan secara Alami

Obat bisul alami

Bisulan kerap meninggalkan rasa nyeri dan mengganjal yang tidak nyaman bagi penderitanya. Meskipun Anda tergoda untuk memencetnya, tapi cara mengobati bisul agar cepat kempes tersebut tidak tepat. 

Memencet bisul bisa menyebabkan infeksi bakteri Staphylococcus aureus menyebar ke area kulit sekitarnya. 

Saat muncul bisulan, Anda perlu menjaga kebersihan, melakukan perawatan, serta pengobatan yang tepat agar bisul bisa sembuh dan kempes.

Berikut beberapa obat bisul alami yang bisa Anda jajal di rumah:

  • Bubuk kunyit

Dilansir dari Healthline, bubuk kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami. Anda dapat mengonsumsi ramuan bubuk kunyit atau menggunakannya dengan cara dioleskan pada bisul.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat tradisional untuk bisul bisa dengan merebus satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air atau susu. Setelah mendidih, diamkan sampai hangat atau dingin. Lalu, minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Untuk menggunakannya sebagai krim oles, campurkan kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat pasta. Oleskan pasta kunyit dua kali sehari. Hentikan penggunaan jika Anda melihat reaksi iritasi.

  • Minyak jarak

Minyak jarak juga dapat dijadikan obat bisul alami. Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami yang ampuh. Bahan alami ini juga memiliki sifat antibakteri.

Cara mengobati bisul secara alami dengan minyak jarak cukup mudah. Anda tinggal  mengoleskan sedikit minyak jarak langsung pada bisul minimal tiga kali sehari hingga bisul kempes dan hilang. Anda harus menghentikan penggunaan jika Anda melihat adanya reaksi.

  • Bawang bombay

Pilihan lainnya untuk mengempeskan bisul bisa dengan bawang bombay. Sebuah penelitian menunjukkan, bawang bombay memiliki efek antibakteri, yang dapat membantu mencegah infeksi bisul.

Kandungan bahan alami ini juga dapat membantu mencegah munculnya bekas luka saat bisul sembuh.

  • Minyak tea tree

Minyak tea tree atau tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Khasiat ini dapat membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab bisul.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com