Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menggemukkan Badan yang Susah Gemuk, Jangan Asal Makan

Kompas.com - 14/10/2023, 08:01 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menggemukkan badan bukanlah hal yang mudah. Saat banyak orang ingin punya tubuh langsing, tak sedikit pula orang dengan berat badan di bawah ideal.

Dikutip dari Healthline, terlalu kurus bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan osteoporosis dan patah tulang, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Terlebih lagi, orang yang memiliki berat badan kurang lebih berisiko terkena sarkopenia (penyusutan otot terkait usia) dan berisiko lebih besar terkena demensia.

Sebelum menyimak beberapa cara menggemukkan badan yang susah gemuk, kenali dulu penyebab kondisi ini. 

Baca juga: Awas, Badan Kurus Tapi Perut Buncit Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Penyebab susah gemuk

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang susah menaikan berat badannya, seperti gizi buruk atau adanya masalah kesehatan tertentu. Melansir NabtaHealth, berikut beberapa di antaranya:

  • Hipertiroidisme (tiroid terlalu aktif)

Produksi hormon tiroid yang berlebihan menyebabkan percepatan metabolisme, mengakibatkan penurunan berat badan yang tidak disengaja jika tidak diatur dengan obat-obatan.

  • Diabetes

Pada diabetes tipe 1, kekurangan insulin berarti tubuh tidak mendapatkan cukup glukosa dari darah untuk digunakan sebagai energi. Akibatnya, tubuh membakar lemak dan otot untuk menghasilkan energi, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

  • Efek obat tertentu

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kanker, depresi, ADHD, tiroid, dan kondisi lainnya dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Baca juga: Badan Kurus Tapi Double Chin, Kenali Penyebabnya…

  • Kurang kalori

Jika gaya hidup Kamu terlalu aktif sampai-sampai sering melewatkan waktu makan, atau jika Kamu kekurangan kalori dari makanan atau minuman, Kamu kemungkinkan susah menambah berat badan.

  • Penyebab lain

Di luar faktor penyebab susah gemuk di atas, penyakit atau kondisi tertentu seperti TBC, kanker, gangguan pencernaan kronis, atau masalah kesehatan mental seperti stres dan depresi juga bisa menyebabkan berat badan tidak ideal. Selain itu, ada juga faktor genetik atau keturunan yang berperan dalam kondisi ini. 

Baca juga: Mengapa Orang Gemuk Susah Hamil? Berikut Faktanya...

Cara menggemukkan badan yang susah gemuk

Menaikan berat badan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kita perlu melakukannya secara sehat agar tidak menimbulkan penyakit atau beragam risiko kesehatan.

Disarikan dari MayoClinic dan Insider, berikut beberapa cara menggemukkan badan yang susah gemuk secara aman dan sehat:

  • Makan lebih sering

Secara perlahan, ganti pola makan tiga kali sehari menjadi lima kali sehari tapi dalam porsi yang kecil-kecil. Perhatikan sinyal tubuh kapan Kamu lapar. Selain melihat sinyal tubuh, rencanakan juga waktu makan meskipun Kamu tidak terlalu lapar. Dengan begitu, asupan kalori yang masuk ke tubuh bisa lebih banyak. 

  • Pilih sayur dan buah tinggi kalori

Meskipun prinsip menambah berat badan perlu menambah asupan kalori, tapi Kamu sebaiknya mengutamakan jenis yang sehat, seperti sayur dan buah. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah tinggi kalori seperti kurma, kismis, kedelai hitam, atau pisang. Bila perlu, konsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui asupan tinggi kalori yang sesuai tubuh Kamu.

  • Makan makanan padat energi

Mengonsumsi makanan padat energi bisa membuat perut tidak terlalu kenyang tapi kalori tercukupi. Nah, jenis makanannya juga perlu dipilih yang sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, atau susu murni. Meskipun Kamu sedang menambah berat badan, pastikan tetap membatasi makan makanan yang digoreng atau dipanggang. 

Baca juga: 6 Penyebab Sulit Menaikkan Berat Badan yang Perlu Diperhatikan

  • Tingkatkan asupan protein

Saat berat badan bertambah, praktis massa lemak dan otot ikut naik. Nah, pembentukan otot perlu protein. Jadi, sebisa mungkin makanlah lebih banyak protein untuk mengimbangi rutinitas olahraga. Pilih sumber protein yang sehat seperti ikan laut, telur, dan kacang-kacangan.

  • Pilih karbohidrat yang sehat

Karbohidrat kompleks yang sehat dapat meningkatkan asupan kalori sekaligus memberikan nutrisi bermanfaat. Contohnya nasi merah, quinoa, roti gandum utuh, sereal gandum utuh, kentang, atau pasta gandum utuh. Beberapa bahan di atas termasuk sumber protein dan mineral yang kaya potasium dan magnesium.

  • Olahraga angkat beban

Olahraga, terutama latihan angkat beban dapat membantu menambah berat badan dengan membentuk otot. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan. Coba jalankan rutinitas olahraga angkat beban tiga hingga empat hari seminggu agar hasilnya optimal. 

Coba beberapa cara menggemukkan badan yang susah gemuk di atas. Agar hasilnya lebih optimal, konsultasikan dengan dokter yang biasanya menangani terkait pola makan dan jenis olahraga yang paling pas sesuai kondisi tubuh dan kesehatan Kamu. 

Baca juga: 6 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com