Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Makan Buah Kiwi Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Kompas.com - 11/05/2024, 08:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya memberi kesegaran dan kenikmatan, buah kiwi ternyata punya manfaat dalam mendukung kesehatan mental. 

Dilansir dari Medical Daily, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi dapat meningkatkan suasana hati dan vitalitas hanya dalam empat hari.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh Kita

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa vitamin C dalam buah kiwi berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan suasana hati.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti berapa lama seseorang bisa merasakan manfaat vitamin C pada buah kiwi dalam meningkatan suasana hati.

Untuk mengatasi kesenjangan studi tersebut, para peneliti melakukan analisis terhadap data survei smartphone yang dikumpulkan selama studi intervensi diet delapan minggu.

Dalam survei tersebut, 155 orang dewasa dengan kadar vitamin C rendah direkrut untuk mengikuti program penelitian. Partisipan diberi suplemen vitamin C harian, plasebo, atau dua buah kiwi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi buah kiwi mengalami peningkatan vitalitas dan suasana hati dalam waktu empat hari, dengan manfaatnya mencapai puncaknya sekitar 14 hingga 16 hari setelah konsumsi.

Selain itu, peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin C juga menunjukkan perbaikan, meskipun lebih lambat, hingga hari ke-12.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara mendalam mekanisme di balik efek ini, hasil ini menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam buah kiwi efektif dalam meningkatkan suasana hati dan vitalitas dalam waktu singkat.

Manfaat lain buah kiwi bagi kesehatan

Dikutip dari Healthline, berikut manfaat kiwi bagi tubuh selain menunjang kesehatan mental:

  • Kaya antioksidan dan memiliki efek antiinflamasi

Buah kiwi kaya akan vitamin C dan E yang baik untuk kekebalan tubuh.

Selain itu, kiwi juga memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi untuk mencegah radikal bebas serta peradangan. antioksidan, serta mengandung senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. 

  • Mendukung kesehatan jantung

Makan kiwi dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan agregasi trombosit yang dapat memelihara kesehatan jantung

  • Mendukung kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam kiwi, baik yang larut maupun tidak larut, membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan meningkatkan konsistensi tinja dan mencegah sembelit atau konstipasi.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi dua buah kiwi per hari dapat membantu memperbaiki konsistensi dan frekuensi buang air besar pada individu yang mengalami konstipasi kronis.

  • Sumber vitamin c yang tinggi

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kiwi penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Makan kiwi secara teratur dapat membantu mencapai kadar vitamin C yang optimal dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi.

Itulah manfaat buah kiwi selain untuk meningkatkan kesehatan mental. Untuk memastikan porsi buah kiwi yang bisa Anda konsumsi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. 

Baca juga: Ketahui Indeks Glikemik Buah Kiwi, Apakah Aman untuk Diabetes?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com