Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Anti Jerawat

Kompas.com - 07/11/2011, 16:15 WIB

Kompas.com - Kendati belum terbukti secara ilmiah, namun hampir sepertiga orang yang bermasalah dengan jerawat mengaku ada kaitan kuat antara apa yang mereka asup dengan timbulnya jerawat.

Secara sederhana, jerawat timbul karena pergantian sel kulit yang disebut keratin. Pergantian sel kulit yang tidak sesuai akan menyebabkan sel-sel menyumbat kelenjar minyak dan pori yang akan menangkap protein dan sebum (minyak alami kulit) di bawah kulit. Protein dan minyak ini menjadi makanan untuk P.acnes, bakteri penyebab jerawat.

Menurut Ellen Marmur, MD, spesialis kulit dan penulis buku Simple Skin Beauty, ada banyak cara untuk mencegah siklus tersebut berulang. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan nutrien yang tepat.

"Makanan berpengaruh sekitar 25 persen, sisanya adalah faktor hormon, stres, kualitas tidur, dan lingkungan. Perawatan kulit yang baik juga berpengaruh. Karena itu pada dasarnya tidak ada makanan super untuk mencegah jerawat," katanya.

Menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan.

- Vitamin A

Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. "Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat," kata Marmur. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik.

- Zinc

Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Zinck ditemukan pada almonds, kacang-kacangan, atau daging.

- Vitamin E dan C

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com