Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joging 50 Menit Membakar Kalori Sekaleng Soda

Kompas.com - 20/12/2011, 16:49 WIB

Kompas.com - Berapa lama olahraga yang harus dilakukan untuk membakar kalori dari sekaleng minuman soda? Ternyata Anda perlu melakukan olahraga berdurasi 50 menit jika tak ingin gemuk gara-gara kebiasaan mengasup softdrink.

Masih terkait dengan upaya mencegah epidemi obesitas, para peneliti dari Johns Hopkins University menyimpulkan bahwa menuliskan durasi olahraga yang wajib dilakukan di setiap kemasan makanan dan minuman efektif untuk mengurangi keinginan ngemil.

Mereka mengklaim mencantumkan aktivitas fisik yang setara dengan jumlah kalori yang diasup jauh lebih efektif dibandingkan hanya menuliskan jumlah kalori yang terkandung dalam produk makanan atau minuman.

Untuk menguji teori tersebut mereka memasang tiga peringatan berbeda untuk sebuah produk makanan. Peringatan itu dipasang di kaca toko sehingga mudah dibaca para konsumen remaja yang menjadi target mereka.

Peringatan pertama menuliskan sekaleng soda mengandung 250 kalori. Kedua menyatakan dalam sekaleng soda terdapat kalori 10 persen dari rekomendasi kalori harian. Sementara itu peringatan ketiga menyebutkan bahwa kita harus melakukan joging 50 menit untuk membakar kalori dari soda ini.

Ternyata peringatan ketiga jauh lebih efektif. Mungkin karena lebih mudah dimengerti dan konsekuensi yang harus ditanggung terasa memberatkan.

Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa informasi nutrisi yang terdapat dalam kemasan soda telah memangkas penjualan sampai 40 persen. Dengan ditambahkannya peringatan berupa konsekuensi olahraga diperkirakan akan menurunkan penjualan sampai 50 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com