Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2013, 11:42 WIB

Kompas.com - Operasi plastik semakin populer. Pada tahun 2011 saja tercacat 15 juta orang di seluruh dunia melakukan operasi ini. Negara Korea Selatan berada di urutan pertama sebagai negara yang penduduknya paling hobi melakukan permak tubuh.

Pada tahun 2012, 20 persen wanita berusia 19-49 tahun di kota Seoul, ibu kota Korea Selatan, melakukan operasi plastik. Jenis operasi yang paling digemari adalah mengurangi kelebihan kulit di kelopak mata atas (double eyelid surgery) sehingga mata tampak lebih lebar.

Demikian menurut data dari International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS) yang memiliki anggota lebih dari 20.000 dokter bedah plastik di seluruh dunia.

Diperkirakan 1 dari 77 wanita di Korea Selatan melakukan bedah plastik. Bahkan Kim Yu-Mi, Miss Korea 2012 mengakui ia melakukan bedah plastik untuk menyempurnakan penampilannya untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut.

Ia mengakui operasi tersebut setelah fotonya di bangku sekolah yang tampak sangat berbeda dengan penampilannya sekarang tersebar. "Saya tidak pernah mengatakan kalau saya terlahir cantik," katanya kepada media Korea.

Meski secara umum orang Korea paling sering melakukan operasi plastik, tetapi untuk jumlah total prosedur pengencangan kulit, sedot lemak, dan sebagainya, Amerika berada di urutan teratas.

Beda negara ternyata berbeda pula pilihan operasinya. Bagi orang Brasil yang kaya pantai, jenis operasi yang paling populer adalah operasi pengurangan payudara pria, implan bokong, dan peremajaan vagina.

Operasi perbaikan hidung (rhinoplasty), baik memancungkan atau merampingkan hidung, lebih populer di Asia, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan.

Sementara negara yang paling banyak operasi pembesaran payudara adalah Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Italia, dan China. Amerika dan Brasil juga berada di urutan pertama untuk pengencangan kulit mata dan perampingan perut.

Lipoplasty atau prosedur penghancuran lemak di bawah kulit menggunakan gelombang suara adalah jenis operasi noninvasif yang paling populer di dunia. Lebih dari 1,2 juta produser dilakukan di seluruh dunia.

Di urutan kedua adalah pembesaran payudara (1,2 juta), operasi pengencangan kulit di sekitar mata (703.610) dan pengencangan perut atau tummy tuck di urutan keempat. Di urutan kelima adalah operasi hidung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com