Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2013, 17:13 WIB

KOMPAS.com  - Usai menjalani operasi mastektomi atau pengangkatan jaringan payudara, banyak perempuan memilih untuk memperbaiki bentuk dan tampilan payudaranya dengan menjalani bedah kosmetik atau operasi rekonstruksi. Hal yang sama mungkin dilakukan oleh aktris Hollywood, Angelina Jolie, yang pada Februari lalu menjalani mastektomi karena alasan berisiko tinggi mengalami kanker payudara. 

Sejauh ini dalam perkembangan teknologi di dunia kedokteran, tersedia dua pilihan utama yang dapat ditempuh oleh kaum hawa dalam memperbaiki payudaranya supaya terlihat lebih baik dan alami pascaoperasi pengangkatan jaringan. Dua pilihan tersebut adalah menanam implan payudara (biasanya dari bahan silikon atau saline) atau pun menanamkan jaringan dari tubuh pasien sendiri (berupa lemak atau daging yang diambil dari perut atau bagian tubuh lainnya).

Berikut adalah beberapa perbandingan antara bedah kosmetik payudara menggunakan implan atau jaringan tubuh pasien.  Perbandingan ini setidaknya dapat dijadikan gambaran bagi para wanita sebelum memutuskan  untuk memilih bedah kosmetik payudara :

IMPLAN :

- Material dari gel silikon atau saline (cairan air garam)
- Prosedur dan waktu operasi biasanya dilakukan secara bertahap (dua kali). Dalam jeda  diantara dua operasi terpisah itu dibutuhkan pemantauan dokter untuk melebarkan rongga
- Operasi bisa memakan waktu rata 1,5 hingga 3 jam   
- Untuk waktu pemulihan, pasien butuh semalam saja menginap di rumah sakit dan butuh 3 ampai 4 minggu untuk pemulihan di rumah
- Dari bentuk dan tekstur, tampak kurang alami. Tetapi akan tetap kenyal dalam waktu yang lama.
- Sentivitas dan sensasinya minim
- Risiko atau ancaman kerusakan relatih lebih besar karena implan bisa bocor atau perlu diganti seiring waktu berjalan

JARINGAN :

- Material berasal dari jaringan tubuh pasien sendiri seperti otot atau lemak yang biasanya berasal dari area perut. Jaringan juga bisa berasal dari paha, panggul dan pantat.
- Hanya butuh sekali operasi dengan durasi yang cukup lama antara 4 sampai 8 jam tergantung dari prosedur dan tipe operasi.
- Waktu pemulihan pascaoperasi bisa sampai 5 hari di rumah sakit dan 6 butuh pemulihan sampai 8 pekan di rumah.      
- Dari bentuk dan tekstur lebih lembut, lebih alami dan akan mengalami penuaan seperti halnya payudara asli.
- Seperti halnya implan, jaringan yang ditanam juga minim akan sensitivitas.
- Risiko dan kelemahan dari  penanaman jaringan tubuh ini adalah waktu pemulihan yang lebih  lama dibandingkan implan. Selain itu, ada potensi  kehilangan sensasi sebagian atau komplikasi pasca operasi di beberapa jaringan tubuh yang diambil untuk pindah ke daerah payudara.        
   

 

reconstruction_051413-01

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com