Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2013, 08:23 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal terkait  keamanan sunat laser. Apakah ini benar-benar apan dan  berapa lama proses penyembuhannya? Apakah sunat dapat memengaruhi ukuran penis?  Apakah ada hubungan antara kemampuan atau  daya tahan melakukan hubungan seks dengan sunat,  pasalnya saya takut  jika disunat  ada urat saraf  yang terpotong sehingga  fungsi seksual akan terganggu? Terima kasih atas jawabannya.

(Andre, 39, Surabaya)


JAWAB :

Mengenai sunat dengan cara laser, saya yakin aman-aman saja. Cara itu sebenarnya tidak berbeda dengan metode bedah biasa. Tetapi sunat dengan cara apapun tidak berpengaruh terhadap ukuran penis.

Jadi, bukan berarti setelah disunat, ukuran penis menjadi lebih besar. Demikian juga, sunat tidak berpengaruh terhadap kemampuan melakukan hubungan seksual.

Tidak juga terhadap lamanya terjadi ejakulasi. Tetapi sunat yang benar tidak akan mengganggu fungsi seksual.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com