Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2013, 10:59 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com — Hari-hari penuh semangat bisa diraih dengan energi yang cukup berkat waktu istirahat yang berkualitas. Namun, kehidupan kota besar membuat semakin banyak orang yang kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.

Kurang tidur dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada kesehatan, baik fisik maupun mental. Sebagai solusi, kita perlu menghindari hal-hal yang dapat menghalau datangnya kantuk.

Beberapa kiat berikut mungkin bisa dicoba agar kita dapat beristirahat dengan nyenyak dan kembali bangun dalam keadaan segar di esok hari.

1. Olahraga rutin
Olahraga teratur menjadi cara yang baik untuk merangsang tidur, tetapi sebaiknya tidak menyelesaikan olahraga terlalu larut. Olahraga akan meningkatkan suhu tubuh mungkin hingga 6 jam ke depan, lebih baik tuntaskan olahraga 2-3 jam sebelum tidur.

2. Bangkit dari tempat tidur jika belum mengantuk
Tidak mengapa bangkit untuk membaca atau mendengarkan musik. Aktivitas yang tenang bisa membantu untuk rileks sambil menunggu kantuk. Tetap di tempat tidur justru akan memancing frustrasi dengan terus memandangi jam.

3. Berkegiatan sebelum tidur
Seseorang bisa melatih tubuh dengan kegiatan yang berhubungan dengan tidur. Mandi air hangat, melamun, meditasi, atau membaca 1 jam sebelum tidur bisa membantu kita mencapai kondisi tenang agar siap tidur.

Jika Anda masih juga kesulitan untuk tidur, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com