Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2013, 07:43 WIB


TANYA :

Dok, ukuran payudara saya tergolong kecil sekitar 32 A. Saya ingin mencoba metode pembesaran dengan vakum payudara seperti yang muncul di iklan (baik manual/elektrik).  Kalau saya menggunakan alat seperti itu, apakah ada efek membesarkan? Bahaya atau tidak dok? Lalu jika bahaya, dengan upaya apa agar ukuran dada saya agak bertambah? Terimakasih...

(Tifani, 23, Bandung)

JAWAB :

Payudara terdiri dari jaringan lemak, kelenjar, dan sedikit otot. Ukuran payudara tentu tergantung pada jaringan yang membentuknya itu. Kalau jarngan lemak bertambah, maka ukuran payudara lebih besar.

Kalau kelenjarnya bertambah, misalnya pada masa hamil, maka ukuran payudara membesar. Perkembangan payudara dipengaruhi oleh hormon. 

Oleh karena itu, kalau hormon berkurang, misalnya pada masa menopause, payudara mengecil.

Cara menambah ukuran payudara dengan menggunakan pompa, tampaknya tidak ilmiah. Tidak ada bukti ilmiah yang diterima secara internasional yag menyatakan bahwa cara itu memang benar dapat membesarkan payudara. 

Saya pikr Anda memerlukan pemeriksaan, antara lain hormon untuk mengetahui apakah kadar hormon terkait payudara normal atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com