Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2013, 07:17 WIB
Tanya:
Dok, sebelumnya haid saya datang normal setiap bulan, di awal tahun ini mulai bermasalah. Begini kronologinya: Februari 2013 tidak haid; Maret 2013 haid sedikit; April 2013 Haid sedikit;  Mei normal; Juni haid selama sebulan (24 juni - 24 juli 2013); Agustus haid hampir sebulan (13 Agustus - 9 September 2013); September normal. Haid saya tidak sakit Dok. Apakah gangguan haid ini karena masalah hormon atau tanda penyakit? Terima kasih Dokter.
Rista (42), Bekasi

Jawab:
Ibu Rista Yth.
Melihat riwayat haid ibu, ada baiknya ibu ke dokter kandungan. Untuk di USG, melihat organ kandungan dan mengukur ketebalan rahimnya. Bila tidak ada kelainan fisik, berarti ada masalah fungsi. Dengan umur 42 tahun, coba ibu tanya pada kakaknya yang perempuan atau pada ibunya, mungkin sudah terjadi gejala premenopause. Saran saya, jangan mengatur haid dengan obat. Ibu usahakan  olah raga teratur, cukup istirahat, makan rendah lemak atau kolesterol dan  tidak stres. Semoga berhasil.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com