Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2013, 09:44 WIB


TANYA :

Assalammualaikum wr. Wb. Dok, beberapa hari yang lau saya melakukan medical check up, dan menurut dokter di sana ada masalah dibagian ginjal. Saya dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter yang lebih kompeten dibidang itu. Setelah ke dokter spesialis ginjal tersebut, katanya dokter  saya mengalami penyakit batu ginjal bahkan gagal ginjal. Fungsi ginjal saya hanya tinggal 15 persen. Saya hanya dianjurkan lagi untuk melakukan CT Scan . Saya tidak diberikan obat sama sekali. Setahu saya penyakit gagal ginjal ciri- cirinya yang paling mencolok yaitu sakit pada pinggang. Tapi saya tidak pernah merasakan sakit tersebut. Ciri lainnya nya juga yaitu perubahan pada warna air seni. Warna air seni saya pun masih normal seperti biasa dok. Saya juga penderita asam urat dan pekerjaan saya sehari- harinya sebagai sopir. Saya awam mengenai dunia kesehatan dok. bagaimana dengan penyakit saya itu, apa sudah termasuk penyakit yang masih bisa disembuhkan?

(Sukardi, 48  tahun, 175 cm, 80 kg, Makassar)


JAWAB :

Pak Sukardi yth

di Semarang.

Melihat hasil pemeriksaan fungsi ginjal BPK hanya tinggal 15 persen, dan kalau itu benar, dan sudah berlangsung selama 3 bulan, bapak memang sudah mengalami penyakit ginjal kronis stadium 5 atau gagal ginjal.

Nyeri pinggang, dikenal dengan nyeri kolik tidak harus terjadi pada penyakit gagal ginjal kronis. Gejala, keluhan, atau tanda pada penyakit ginjal kronis biasanya baru muncul bila Laju Filtrasi Ginjal kurang dari 30 persen.

Gejala dikenal dengan tanda uremia seperti anemia, hipertensi, mual, muntah, gatal-gatal pada kulit, letih, lemah, tidak ada nafsu makan, penurunan berat badan dll. Sebelum tanda uremia ini muncul bisa juga muncul keluhan seperti sering buang air kecil malam hari (nokturia), mual, muntah, mudah lelah, tidak ada nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Mengenai urin, pada penyakit gagal ginjal kronis, jumlah urin total selama 24 jam, biasanya menurun, bahkan ada yang sampai tidak ada produksi urin sama sekali. Dan, pada tahap awal urin biasanya berbusa karena banyak mengandung protein.

Obat memang tidak harus diberikan, kecuali ada penyakit dasar lain seperti hipertensi, diabetes melitus, infeksi dan sebagainya. Tetapi, untuk bisa mempertahankan fungsi ginjal saya sarankan Anda berhenti merokok, membatasi asupan protein, menghindari obat-obat yang dapat memperburuk fungsi ginjal, misalnya obat penghilang nyeri, obat rematik yang mudah didapatkan di luar, dan kemungkinan beberapa herbal.

Penyakit ginjal kronis bersifat irreversible, tidak bisa menjadi normal kembali, yang bisa dilakukan adalah  mempertahankan fungsi ginjal sisa yang masih ada. Untuk itu saya sarankan bapak berkonsultasi kembali dengan dokter penyakit dalam konsultan ginjal-hipertensi, mengikuti saran-saran yang beliau berikan

Wassalamualaikum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com