Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua yang Memiliki Balita Perlu Banyak Bergerak

Kompas.com - 03/04/2014, 13:57 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber yahoo news

Kompas.com - Berbagai aktivitas fisik dan waktu bermain adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Sayangnya anak-anak di zaman modern ini lebih banyak duduk diam dan sibuk dengan gadgetnya.

Orangtua seharusnya lebih mendorong anak mereka untuk banyak bergerak. Menurut Dr.Michael Gabriel, dokter anak, aktivitas fisik akan membuat balita lebih bugar dan sehat.

"Anak-anak mudah bosan sehingga sangat penting untuk membuat otak mereka tetap sibuk. Seperti halnya otak, tubuh mereka juga membutuhkan aktivitas," kata Gabriel.

Orangtua bisa memberi contoh dan melibatkan anak untuk aktif bergerak. Batasi waktu anak menonton televisi dan bermain gadget. Orangtua perlu menunda pemberian gadget sampai anak berusia 2 tahun.

"Pastikan anak memiliki waktu bergerak yang cukup dalam sehari," katanya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap lebih dari 550 ibu yang memiliki anak berusia 4 tahun diketahui, rata-rata para ibu menghabiskan waktu 19 menit untuk melakukan aktivitas fisik. Jumlah tersebut tentu saja harus ditambah.

Aktivitas fisik bukan hanya menyehatkan tubuh tapi juga akan mengembangkan keterampilan motorik kasar dan keterampilan sosial anak. Aktivitas fisik tidak bisa digantikan dengan teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com