Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Hamil Sering Naik Motor, Adakah Pengaruh Polusi pada Janin?

Kompas.com - 10/04/2014, 09:37 WIB


TANYA:

Saya sedang hamil anak pertama, saat ini kehamilan saya masuk 12 minggu. Setiap hari saya berangkat ke kantor dengan dibonceng sepeda motor oleh suami. Kantor dan rumah berjarak 15 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sejauh ini saya merasa tidak masalah dengan naik motor dan hasil USG menunjukkan kehamilan saya sehat. Tetapi, sebenarnya saya takut dengan efek polusi kendaraan karena setiap hari selalu macet. Apakah sebenarnya efek samping polusi pada bayi, Dok? Bagaimana cara menjaga kehamilan saya tetap sehat meski tiap hari terpapar polusi? Terima kasih.
 
(Alifah, Jakarta Timur).

JAWAB:

Ibu Alifah Yth,
Saya sangat menghargai pertanyaan ibu. Hal inilah yang setiap hari saya bahas dengan pasien saya yang hamil. Kondisi polusi di Jakarta memang sangat memprihatinkan. Namun, keadaan yang mengharuskan kita menghadapinya.

Selama hamil, saya sarankan ibu memakai masker yang baik dan memakai helm. Upayakan banyak minum dan olahraganya renang Karena air sangat membantu mengurangi risiko polusi. Makanlah dengan gizi yang baik, terutama protein, sayuran, dan buah.

Pada hari Sabtu dan Minggu kalau bisa ibu tidak naik motor. Selanjutnya pantau terus perkembangan kehamilannya. Setelah lahir, upayakan untuk ASI sampai 2 tahun. Semoga segala risiko yang didapat bisa diminimalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com