Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2014, 12:21 WIB


TANYA:

 
Halo dok, saya dan istri sedang berusaha memiliki momongan. Tetapi istri saya tergolong gemuk. Tinggi badannya 160 cm dengan BB 70 kg. Sejak gadis dia memang sudah tampak gemuk. Kami sudah menikah satu tahun tapi belum juga ada tanda-tanda hamil. Apakah istri saya perlu menurunkan berat badan dulu agar bisa hamil? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
 
Lukman (26), Jakarta

JAWAB:

Pak Lukman Yth.
Untuk memiliki momongan banyak sekali yang harus diper siapkan. Jiwa raga harus sehat. Secara garis besar, fisik harus sehat. Berat badan juga sebaiknya ideal, karena gemuk bisa menjadi salah satu penyebab tidak subur.

Pola makan harus baik dengan gizi seimbang, terutama protein, buah dan sayuran. Demikian juga dengan aktivitasnya, harus tetap seimbang antara kerja, tidur dan olah raga. Jadi kegemukan bukanlah satu-satunya penyebab tidak bisa hamil. Semoga semuanya bisa di siapkan secara bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com