Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2014, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan bicara dan berbahasa adalah hal yang penting untuk mendukung kecerdasan anak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kemampuan krusial ini terganggu.

Walau pada banyak kasus anak terlambat bicara karena kurangnya stimulasi dari lingkungan di sekitarnya, namun ada beberapa gangguan medis yang juga berkontribusi pada tertinggalnya kemampuan bicara anak.

Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena kelainan pada mulut anak (oral motor), seperti gangguan langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek yang berbuntut pada terhambatnya gerakan lidah untuk menghasilkan kata.

Masalah oral-motor juga menyebabkan komunikasi di area otak yang bertugas menghasilkan kata-kata menjadi tidak efisien. Ini akan membuat anak kesulitan menggunakan dan mengoordinasikan bibir, lidah, dan rahang, untuk memproduksi bunyi kata-kata. Anak yang memiliki masalah oral-motor juga biasanya mengalami kesulitan makan.

Gangguan pendengaran seringkali jadi penyebab anak kesulitan berbicara. Karena itu saat melakukan pemeriksaan tumbuh kembang, biasanya ahli patologis bicara akan melakukan tes pendengaran terlebih dulu.

Gangguan tumbuh kembang secara umum, seperti autisme, retardasi mental, atau cerebral palsy juga bisa menyebabkan kemampuan anak berkomunikasi terganggu.

Konsultasikan pada dokter anak ahli tumbuh kembang agar bisa dilakukan tindakan yang tepat sehingga perkembangan kemampuan bicara anak dapat sesuai dengan perkembangan usianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com