Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2014, 14:22 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber HEALTHDAY

KOMPAS.com - Sesudah olahraga atau beraktivitas fisik, lazimnya orang akan merasa lapar. Namun makanan yang dimakan setelah berolahraga seharusnya tidak malah menambah beban kalori. Karena itulah, biasanya orang menyiasati dengan makan lebih sedikit setelah olahraga.

Namun harus diakui, rasa lapar yang timbul setelah olahraga tidak selalu dapat terpuaskan dengan makan sedikit. Kabar baiknya, sebuah penelitian baru menemukan satu cara supaya Anda bisa makan lebih sedikit setelah olahraga, yaitu membuat olahraga lebih menyenangkan!

Dalam sebuah percobaan, 56 orang dewasa diminta berjalan kaki sejauh 2,25 kilometer. Peneliti mengatakan pada setengah peserta jalan kaki itu adalah untuk berolahraga, sedangkan setengah lagi menganggap itu adalah berekreasi. Seusai berjalan, peserta diberikan puding cokelat. Ternyata peserta yang menganggap jalan kaki yang baru saja mereka lakukan adalah olahraga, makan 35 persen lebih banyak daripada peserta yang menganggapnya sebagai jalan-jalan rekreasi.

Dalam percobaan lainnya, 46 orang dewasa diberikan camilan setelah berjalan. Mereka yang menganggap kegiatan tersebut adalah olahraga makan 124 persen kalori lebih banyak dari gula daripada mereka yang mengganggapnya sebagai berekreasi.

Penulis studi Carolina Werle, profesor di Grenoble Ecole de Management di Perancis mengatakan, menilai jalan kaki yang dilakukan sebagai olahraga membuat orang lebih tidak bahagia dan lebih merasa lelah.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Marketing Letters itu pun menemukan, sebagian orang yang ikut program penurunan berat badan biasanya justru akan bertambah berat badannya setelah makan berlebihan setelah olahraga.

Menurut penulis studi lainnya Brian Wansink, direktur Cornell Food and Brand Lab, kunci untuk lebih sedikit makan setelah olahraga adalah dengan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan.

"Lakukan apa yang Anda sukai untuk membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan, misalnya dengan memutar musik, menonton video, atau bahkan sesederhana bersyukur karena masih bisa berolahraga. Apapun yang membuat Anda tersebut selagi berolahraga akan membuat Anda makan lebih sedikit," ungkap Wansink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com