Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2014, 11:33 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


 

KOMPAS.com - Meski gadget bisa menjadi alat pembelajaran yang baik untuk anak-anak di atas usia lima tahun, namun penggunaannya tetap perlu dibatasi. Sayangnya, bila sudah memegang peralatan canggih ini, biasanya mereka sulit diminta berhenti.
 
Padahal menggunakan gadget terlalu lama dapat memicu banyak penyakit dan juga merusak konsentrasinya. Lantas bagaimana cara untuk membuat anak tidak terlalu akrab dengan gadget?
 
Psikiater anak Kresno Mulyadi mengatakan, yang terpenting adalah orangtua perlu memberikan teladan.  "Jangan sampai orangtua melarang, tetapi orangtua yang melakukannya," ujarnya saat diwawancarai pada Kamis (17/7/2014) di Tangerang Selatan.
 
Orangtua juga perlu memberikan pengertian dampak bermain gadget yang terlalu lama. Bukan dengan omelan, teguran keras, apalagi ancaman.
 
Selama anak menggunakan gadget pun orangtua sebaiknya mengawasi. Meski begitu, orangtua sebaiknya menjauhi kesan komando.
 
"Pendampingan saat mengunakan gadget akan menciptakan interaksi yang baik antara orangtua dan anak," ujar dokter yang berpraktik di RS Omni Alam Sutera ini.
 
Sesuai dengan teori Thomas Jordan, komunikasi kepada anak harus efektif, bukan efisien. Artinya ketika anak dilarang, lantas tak boleh langsung ditinggal, melainkan diberikan pengertian. Pendampingan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang efektif.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com