Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Triklosan dalam Pasta Gigi Dipertanyakan

Kompas.com - 03/09/2014, 12:34 WIB

KOMPAS.com — Triklosan, kandungan antibakteri yang banyak digunakan dalam produk sabun dan pasta gigi, mulai dipertanyakan keamanannya.

Para ahli menilai, triklosan tidak memberi manfaat lebih dalam membunuh bakteri, tetapi bisa memicu kondisi kebal obat bagi lingkungan. Bahkan pada bulan Desember 2013, Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa produk yang mengandung triklosan tidak lebih efektif dibanding sabun biasa dan air.

Beberapa produk sabun mandi dan sabun cuci tangan juga tak lagi menggunakan triklosan dalam produknya. Meski demikian, ada produk pasta gigi yang masih mengandung triklosan karena diklaim mampu mencegah penyakit gusi (ginggivitis).

Dampak triklosan pada kesehatan manusia memang belum diketahui. Namun, penelitian pada hewan menunjukkan triklosan bisa mengganggu hormon endokrin yang berdampak pada terhambatnya kehamilan.

"Gangguan pada endokrin berarti terikatnya reseptor hormon dan mengganggu fungsi hormonal, termasuk tiroid dan hormon reproduksi," kata Joshua U Klein, dokter bidang obstetri dan ginekologi dari Mount Sinai School of Medicine, New York, AS.

Kendati begitu, triklosan yang dipakai dalam penelitian pada hewan di laboratorium ini beberapa level lebih tinggi daripada yang umumnya dipakai manusia. Hewan-hewan ini juga disuntikkan dan diberi makan triklosan, sementara manusia menyerapnya dalam jumlah kecil lewat kulit atau saat berkumur.

"Kita hanya terpapar zat antibakteri ini dalam jumlah kecil, terutama jika kita berkumur dan meludahkannya," kata Jessica Savage, peneliti dari Harvard School of Public Health.

FDA juga mengatakan, triklosan belum diketahui bahayanya pada manusia dan dianggap aman, meski tidak efektif menyingkirkan kuman.

"Memang ada data dari penelitian hewan, tetapi belum ada data pada manusia. Belum bisa disimpulkan," kata Savage.

Meski para ahli tidak menyarankan pelarangan triklosan dalam pasta gigi, tetapi pasangan yang sedang dalam program kehamilan sebaiknya mengurangi paparan zat antibakteri ini.

Sampai saat ini triklosan masih dianggap ancaman bagi lingkungan, tetapi belum bagi kesehatan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com