Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Terbaik Bagi Perokok Wanita untuk Berhenti

Kompas.com - 06/01/2015, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Tak mudah memang menghilangkan kebiasaan yang sudah lama dimiliki, termasuk kebiasaan yang buruk bagi kesehatan seperti merokok. Dibandingkan dengan pria, ternyata berhenti merokok lebih sulit dilakukan oleh wanita.

Dalam sebuah penelitian terhadap mencit ditemukan, mencit betina lebih gampang kecanduan dan juga lebih sulit berhenti walau frekuensi merokoknya sama dengan pria. Selain itu naik turunnya hormon selama siklus haid juga membuat upaya berhenti merokok tak mudah dilakukan.

Meski demikian, ada tips yang bisa dilakukan untuk membantu kaum hawa menghentikan kebiasaan merokoknya. Caranya adalah mulai berhenti merokok sebelum dimulainya siklus haid (tahap mid-luteal). Pada masa ini gejala ketagihan biasanya tak sekuat pada setelah masa haid.

Seperti diketahui, penurunan hormon estrogen dan progresteron setelah masa haid akan memperburuk gejala ketagihan dan meningkatkan aktivitas saraf yang berkaitan dengan rasa ketagihan. Makanya keinginan untuk merokok pun lebih kuat.

Selain faktor hormonal, wanita juga cenderung lebih mudah stres dan cemas sehingga jumlah perokok wanita lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com