Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2015, 11:00 WIB

KOMPAS.com — Penyakit meningitis yang diduga menjadi penyebab meninggalnya komedian Olga Syahputra dapat menyerang siapa saja. Terlebih lagi, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang meningitis.

Merujuk pada situs kesehatan Webmd.com, berikut ini delapan faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang meningitis:

1. Genetika. Beberapa orang mungkin mewarisi kecenderungan untuk terkena meningitis. Jika mereka berhubungan dengan organisme yang dapat menyebabkan infeksi, mereka akan mudah terinfeksi.

2. Pria. Lebih banyak pria yang terkena meningitis daripada wanita.

3. Kondisi hidup yang penuh sesak. Orang-orang di kamp-kamp, tempat penitipan anak, sekolah, dan asrama perguruan tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan meningitis.

4. Terekspos serangga atau hewan pengerat. Orang-orang yang tinggal atau mengunjungi daerah tempat serangga atau tikus membawa kuman akan mudah terserang penyakit ini.

5. Tidak mendapatkan imunisasi. Orang-orang yang tidak mendapatkan suntikan untuk gondok, penyakit Hib, atau infeksi pneumokokus sebelum usia 2 tahun lebih mungkin untuk mendapatkan meningitis.

6. Orang yang berusia lanjut dan belum juga mendapatkan vaksin pneumokokus lebih mungkin terserang meningitis.

7. Tidak memiliki limpa, yang merupakan bagian sistem kekebalan tubuh, dan yang bekerja dengan baik, membuat seseorang rentan terhadap meningitis.

8. Perjalanan ke daerah tempat meningitis umum terjadi. Misalnya, orang yang bepergian ke "sabuk meningitis " di sub-Sahara, Afrika, harus mendapatkan suntikan meningokokus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com