Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2015, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Penurunan fungsi ginjal berjalan perlahan dan tidak bisa kembali normal, karena itu pencegahan menjadi langkah penting untuk menjaga organ penyaring racun sisa dalam darah ini tetap prima.

Dokter Lydia D. Simatupang, ahli ginjal dan hipertensi dari RS Pondok Indah di Puri Indah Jakarta mengatakan, mengonsumsi makanan dengan diet seimbang dan minum air putih secara cukup merupakan pencegahan penyakit ginjal paling penting.

"Sedapat mungkin hindari makanan, minuman, obat-obatan, suplemen, dan zat-zat lain yang bersifat menggaggu ginjal," papar Lydia.

Prioritas utama dalam menghadapi penyakit ginjal adalah dengan mengendalikan penyebabnya. Ini berarti, jika mengidap tekanan darah tinggi, diabetes melitus, atau memiliki kolesterol tinggi, jaga agar penyakitnya tetap terkendali.

Mintalah petunjuk dokter tentang pola makan yang tepat dan juga obat-obatan. Hindari mengonsumsi obat bebas dalam jangka panjang.

"Obat-obatan yang sering dikonsumsi masyarakat dan dibeli bebas sudah diketahui dapat menyebabkan penyakit ginjal adalah obat golongan antinyeri non-steroid dan obat-obatan pelangsing," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com