Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2015, 15:09 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Sudah banyak penelitian yang membuktikan tentang bahaya duduk terlalu lama. Pekerja kantoran pun disarankan untuk sesekali berdiri atau berjalan-jalan di sela-sela melakukan pekerjaan. Lantas, berapa lama harus beranjak dari kursi untuk mendapatkan efek baik bagi kesehatan?

Sebuah studi baru yang dilakukan peneliti dari University of Queensland School of Public Health, Australia pun menemukan jawabannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di European Heart Journal, perlu mengganti waktu 2 jam duduk dengan berdiri.

Mengurangi waktu duduk, sudah dapat menurunkan kadar  gula darah dan kolesterol rakyat. Berjalan-jalan juga akan memengaruhi lingkar pinggang Anda.

"Temuan ini membuktikan bahwa lebih banyak berdiri atau berjalan daripada duduk dapat bermanfaat bagi jantung dan metabolisme tubuh," ujar peneliti Genevieve Healy.

Penelitian ini melibatkan sekitar 700 pria dan wanita berusia sekitar 36-80 tahun. Peneliti memonitor aktivitas mereka selama 24 jam dalam waktu satu minggu. Alat monitor dapat mendeteksi setiap gerakan responden ketika sedang duduk, berdiri, melangkah, berbaring, hingga tidur.

Hasil monitor menunjukkan, responden rata-rata menghabiskan waktu 8,8 jam untuk duduk dalam sehari, 4,9 jam berdiri, dan 2 jam melangkah per hari. Mereka rata-rata juga melakukan aktivitas fisik, baik ringan maupun berat selama 1,2 jam per hari.

Para peneliti menemukan, bahwa menambah waktu berdiri selama 2 jam per hari di sela-sela melakukan aktivitas dapat menurunkan kadar gula darah sebanyak 2 persen, menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah hingga 11 persen.

Mengganti waktu duduk selama 2 jam dengan berjalan-jalan juga memengaruhi penurunan total indeks massa tubuh sebesar 11 persen dan mengurangi lingkar pinggang hingga 7,5 cm.

Mengganti waktu duduk dengan berdiri atau berjalan-jalan dapat dilakukan melalui hal-hal kecil di kantor. Misalnya, tidak makan siang di meja kantor atau tidak menyuruh orang lain untuk membelikan makan siang. Dengan begitu Anda akan berjalan kaki untuk makan di kantin.

Bisa juga dengan menghampiri langsung rekan kerja di kantor jika ada keperluan, tidak melalui email atau percakapan di telepon genggam. Atau berdiri sambil melakukan gerakan ringan untuk meregangkan otot-otot di sela-sela melakukan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com