Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2015, 15:45 WIB
KOMPAS.com - Dekat-dekatlah dengan orang yang memiliki mood yang baik dan juga teman baik. Berada di sekeliling orang yang positif berdampak menyehatkan bagi kita.

Para peneliti dari Universitas Warwick dan Universitas Manchester di Inggris mengamati data dari 2000 remaja di Amerik Serikat. Memakai metode yang sama seperti para peneliti melacak penyebaran penyakit, mereka meneliti bagiamana mood menyebar di antara remaja dan lingkaran sosial mereka.

Hasilnya, remaja yang memiliki teman dengan mood yang positif ternyata kemungkinannya mengalami depresi berkurang. Bukan hanya itu, remaja yang tadinya dirundung rasa depresi juga berangsur pulih jika mereka bertaman dengan orang-orang "bahagia'.

Di lain pihak, penelitian menunjukkan bahwa rasa depresi yang dialami seorang remaja tidak berpengaruh pada kesehatan mental temannya. Jadi, tak perlu khawatir untuk berteman dengan seseorang yang tampanya sedang berjuang melawan depresinya.

"Tak ada efek negatif dari pertemanan itu. Teman Anda yang depresi malah bisa kita bantu untuk pulih," kata peneliti.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) memperkirakan bahwa lebih dari 350 juta orang di dunia dari berbagai usia menderita depresi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com