Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2015, 16:00 WIB
Dian Maharani,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain adalah dunia anak-anak. Bukan hanya membuat mereka gembira, bermain juga memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya. Tak heran jika para ahli tumbuh kembang anak menyarankan agar anak memiliki waktu cukup untuk bermain.

"Mainan bisa membantu merangsang perkembangan fisik anak, sosial emosional, dan juga perkembangan kognitifnya," ujar psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam diskusi Pentingnya Langkah Pertama yang diadakan oleh Fisher-Price di Gandaria City, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Pada bayi, mainan yang tepat juga akan merangsang kemampuan motorik anak. Misalnya mainan yang mudah digenggam. Pada tiga bulan pertama usia bayi, mainan seperti itu dapat merangsang perkembangan fisik atau motoriknya.

Stimulus juga bisa diberikan lewat suara dan warna-warna. Itulah mengapa mainan anak dilengkapi dengan bunyi-bunyian dan berwarna-warni. Hal ini bisa merangsang pendengaran dan penglihatan anak.

Menurut Vera, pemilihan mainan harus disesuaikan dengan usia anak. Pada anak yang mulai belajar berjalan misalnya, berikanlah mainan yang dapat menopang anak sambil berdiri. Misalnya mainan yang dilengkapi dengan roda sehingga anak bisa mendorong-dorongnya sambil berdiri.

Lengkapi pula dengan suara dan lampu-lampu pada mainan sehingga suasa bermain menjadi lebih ceria. "Jadi anak belajar sambil bermain," lanjut Vera.

Namun, tidak cukup hanya menyediakan mainan, orangtua juga harus mendampingi anak saat bermain. Informasikan pada anak bagaimana cara menggunakan mainan tersebut sehingga keahlian anak meningkat. Sesibuk apa pun Anda, ajak anak bermain bersama. Kegiatan ini akan membangun bonding dengan anak karena bersama-sama melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com