Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GrabBike Ikut Kampanyekan Pencegahan Kanker Payudara

Kompas.com - 02/10/2015, 14:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sekitar 500.000 wanita setiap tahunnya meninggal karena kanker payudara, tetapi kesadaran kaum wanita untuk memperhatikan kesehatan payudaranya masih rendah. Padahal, jika dideteksi sejak dini peluang kesembuhan sangat besar.

Bulan Oktober yang juga disebut bulan kesadaran kanker payudara, menjadi momen bagi GrabBike aplikasi ojek online dari PT GrabTaxi menggelar kampanye "Grab It Beat It" untuk mengedukasi pencegahan kanker payduara melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Di Indonesia, kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng LOVEPINK, organisasi nonprofit yang fokus pada peningkatan kesadaran kanker payudara.

“Dengan deteksi dini, angka kematian akibat kanker payudara bisa ditekan sampai 80 persen. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan 7 sampai 10 hari setelah berakhirnya menstruasi”," kata Samantha Barbara, Ketua LOVEPINK dalam jumpa pers di Jakarta (1/10/15).

Untuk kampanye kegiatan ini, GrabBike akan memberi donasi sebesar Rp. 50.000.000 kepada LOVEPINK. “Kami ingin mendorong perempuan agar memprioritaskan kesehatan dan keselamatan, terutama upaya pencegahan kanker payudara," kata Kiki Rizky, Country Head of Marketing GrabTaxi Indonesia,

Kanker payudara secara umum ditandai dengan adanya benjolan. Ciri lain yang perlu diwaspadai antara lain terasa nyeri, kulit di sekitar payudara memerah, bengkak, puting mengeluarkan cairan meski tidak sedang menyusui, atau puting masuk ke dalam.

Dalam kampanye ini juga akan dijual terbatas t-shirt “GrabItBeatIt dilengkapi dengan slogan ‘Cegah Kanker, Cintai Payudaramu’ yang bisa dibeli melalui aplikasi GrabTaxi dan diantar gratis. Harga setiap t-shirt adalah Rp. 50,000 dan hasil penjualan yang terkumpul akan disumbangkan kepada LOVEPINK untuk mendukung peningkatan kesadaran akan kanker payudara.

Kampanye #GrabItBeatIt dilaksanakan secara bersamaan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Guna mendukung penyebaran informasi tentang kesadaran akan kanker payudara di Asia Tenggara, para pelanggan didorong untuk mengenakan t-shirt dan memasang foto mereka saat mengenakan t-shirt tersebut di media sosial dengan tagar #GrabItBeatIt. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com