Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Luar Biasa Wanita Pengidap Anoreksia Lawan Penyakitnya

Kompas.com - 31/10/2015, 13:00 WIB
KOMPAS.com - Awal tahun 2015 ini Rachael Farrokh membuat permohonan kepada dunia untuk membantunya melawan anoreksia berat yang diidapnya. Kini, setelah berhasil ia pun bekerja untuk membantu yang lain.

Saat ia memposting videonya di YouTube pada bulan April, berat badan Rachael hanya sekitar 18 kilogram dan sekarat. Wanita berusia 37 tahun ini tampak seperti kumpulan tulang dengan tinggi badannya yang mencapai 173 cm.

Di video tersebut Rachel hanya berbaring di tempat tidur, bernapas pendek-pendek, dengan kulit yang menonjolkan tulang-tulangnya. Meski penampilannya tampak mengenaskan, tapi kemauannya untuk sembuh sangat kuat.

Ia membutuhkan uang untuk pengobatannya, dan dunia menjawabnya dengan terkumpulnya donasi mencapai 200.000 dollar AS atau sekitar 2,7 miliar rupiah, melalui laman GoFundMe di media sosial.

Sebulan setelah ia menanyangkan video tersebut, kepada CNN Rachael mengatakan bahwa waktunya sangat terbatas. Tanpa bantuan banyak orang, ia akan kalah melawan penyakit ini.

Sejak saat itu ia pun memulai pengobatan dan hasil transformasinya sangat luar biasa. Ia menjalani terapi di California sampai Portugal.
Para pendukungnya pun bisa mendapat berita terbaru mengenai perkembangan pengobatannya di laman Facebooknya.

Di akhir Oktober ini Rachael terbang dari Portugal ke Washington, AS, untuk menghadiri pertemuan March Againts Eating Disorder. Dalam wawancara dengan sebuah televisi ia tampak jauh lebih segar dan sehat.

Ia pun berjanji untuk menggunakan platform yang ia pakai sebelumnya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan anoreksia.

"Saya punya keluarga besar, yaitu seluruh dunia. Mereka menerima saya dalam pelukan besar. Pikiran saya jauh lebih jernih dan pola pikir yang baru telah terbentuk," katanya.

Ia mengatakan saat ini masih menjalani pengobatan, tapi ia berjanji tak akan menyia-nyiakan kesempatan kedua dalam hidupnya ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com