Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2015, 14:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Studi yang dilakukan University of Westminster menemukan, pria berotot ternyata bukan pacar yang baik.

Penelitian itu mensurvei 327 pria normal Inggris , lebih dari sepertiga masih lajang dan menemukan bahwa peserta survei yang lebih berotot, ternyata memiliki pandangan seksis dan permusuhan dengan wanita.

Korelasi antara pria berotot dan pandangan seksis itu berakar dari peran jender tradisional.

"Kita berpikir pria yang memegang keyakinan menindas tentang wanita dan kesetaraan jender juga cenderung mengusung stereotip tradisional maskulinitas yang meliputi tubuh fisik berotot," tulis penelitian itu.

Sehingga, seringkali pria yang sudah memiliki pemikiran seksis berusaha menjadi lebih berotot, karena mereka punya citra tersendiri perihal "pria sejati".

Periset mengklaim dalam masyarakat dengan struktur patriarki ditentang, pria mungkin berusaha membuktikan maskulinitasnya dengan memperbaiki tubuhnya.

Pada dasarnya, pria yang dikelilingi wanita berkuasa cenderung merasa terancam dan menunjukkan hal ini dengan menambah otot tubuhnya.

Kendati studi ini tidak dilakukan secara internasional dan jumlah pria yang disurvei terbatas, tampaknya dari permukaan ada benarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com