Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Otot Berkurang Setelah Dua Minggu Tak Aktif

Kompas.com - 11/07/2015, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Hanya diperlukan waktu dua minggu tidak aktif secara fisik untuk berkurangnya kekuatan otot. Hal ini terutama lebih terlihat pada orang yang sebelumnya memiliki gaya hidup bugar.

Dalam periode waktu yang singkat tersebut, orang muda akan kehilangan 30 persen kekuatan otot mereka, membuat kekuatannya hanya setara dengan orang yang usianya lebih tua satu dekade. Sementara itu, orang tua yang gaya hidupnya sedentari selama beberapa minggu akan kehilangan 25 persen kekuatan otot.

Makin banyak otot yang dimiliki seseorang, makin besar kehilangan kekuatannya jika mereka tidak aktif, baik karena sedang cedera, sakit, atau berlibur.

"Penelitian kami mengungkapkan bahwa ketidak aktifan berpengaruh pada kekuatan otot pada orang tua dan muda. Saat satu kaki kurang bergerak selama 2 minggu, orang yang masih muda akan kehilangan sepertiga kekuatan ototnya, sementara pada orang tua berkurang sampai seperempatnya," kata peneliti Andreas Vigelsoe dari Denmark.

Kekuatan otot memang normalnya akan berkurang seiring pertambahan usia. Orang muda memiliki sekitar 0,9 kg otot lebih banyak di tiap kakinya dibanding dengan orang yang berusia tua. Tapi, setelah dua minggu tak digerakkan, kekuatan ototnya bisa berkurang sampai 0,4 kg.

Walau orang tua mengalami penurunan kekuatan otot lebih sedikit dibanding orang muda, tapi efek penurunan itu berdampak lebih besar pada kesehatan secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com