Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2016, 17:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Minyak zaitun adalah obat tradisional yang telah sangat lama digunakan untuk perawatan kulit kepala dan membantu melenyapkan ketombe. Minyak zaitun dapat melembabkan area kulit kepala yang kering dan bersisik.

Setelah dilembabkan oleh minyak zaitun, area kering tersebut dapat terkelupas dalam bentuk "potongan" besar, alih-alih dalam bentuk serpihan kecil yang kita kenal sebagai ketombe. Berikut cara yang bisa Anda coba.

 

Terapi Satu Malam

Mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan membiarkannya semalaman adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ketombe yang parah. Terapi semalaman ini, memungkinkan minyak untuk benar-benar melembabkan kulit kepala Anda.

Pastikan keesokan paginya Anda punya cukup waktu untuk keramas, karena pasti rambut Anda akan sangat lepek berminyak terkena lelehan minyak zaitun.

Tuangkan delapan sampai 10 tetes minyak zaitun ke telapak tangan  dan pijat ke kulit kepala Anda, lalu diamkan selama setidaknya delapan jam. Gunakan penutup kepala (shower cap) sesudahnya untuk menjaga agar minyak tidak mengotori baju atau bantal tidur Anda. Cuci rambut di pagi hari dengan menggunakan sampo antiketombe atau sampo biasa.

 

Perawatan Minyak Panas

Perawatan minyak panas adalah alternatif yang baik untuk mengatasi masalah ketombe ringan sampai sedang, untuk mereka yang tidak punya waktu melakukan terapi semalam suntuk.

Tuangkan sekitar 80 ml minyak zaitun ke dalam panci dan panaskan di atas kompor berapi kecil sampai minyak menghangat. 

Basahi rambut Anda, lalu rendam masukkan kain atau handuk kecil ke dalam minyak zaitun yang telah dihangatkan. Bungkus kepala Anda dengan handuk tersebut dan biarkan  selama sekitar 30 menit. Setelah itu, keramaslah untuk menghilangkan minyak dari rambut dan kulit kepala Anda.

 

Terapi cuka apel dan minyak zaitun

Cuka sari apel  dapat membantu membersihkan kulit kepala  dan meremajakan akar rambut Anda.

Campur dua sendok makan cuka sari apel, dua sendok makan air destilasi dan dua sendok makan  minyak zaitun di dalam mangkuk kecil, dan aduk hingga merata.  Basahi rambut Anda lalu tuangkan campuran tersebut ke atas kepala.

Pijat  kulit kepala Anda selama beberapa menit lalu diamkan sekitar 20 menit agar kulit kepala lembap, ketombe luruh dan akar rambut teremajakan. Kemudian keramaslah seperti biasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com