Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekstasi Kembali Populer karena Penjualan Obat "Online"

Kompas.com - 02/06/2016, 11:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com — Badan Obat Uni Eropa mengungkapkan, ekstasi menjadi populer lagi dengan maraknya penjualan online yang ditargetkan kepada generasi muda sebagai generasi baru pengguna.

Badan tersebut mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Selasa bahwa MDMA, yang juga dikenal sebagai ekstasi, telah kembali sebagai pilihan "stimulan” bagi kalangan remaja dan dewasa muda.

Ekstasi sempat marak di pasar obat ilegal pada tahun 1990-an, tetapi penggunaannya menurun pada akhir dekade lalu akibat kualitas obat yang buruk dan tingginya tingkat pemalsuan.

The Lisbon, badan obat yang berbasis di Portugal, melaporkan, pihak berwenang telah memprediksi bahwa sebagian besar ekstasi yang kini kembali marak di Uni Eropa diproduksi di wilayah sekitar Belanda.

Badan obat tersebut juga mengatakan, penjualan obat online tampaknya sedang tumbuh sehingga orangtua diharapkan lebih waspada terhadap jual beli online yang dilakukan oleh anak-anak mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com