Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Menggunakan Cuka Apel untuk Melangsingkan Tubuh

Kompas.com - 05/06/2016, 12:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Minum cuka apel sebelum makan dapat membantu menurunkan gula darah Anda, kata penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Foods Functional.

 

"Asam asetat, komponen utama dalam cuka apel, dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mencerna pati," kata penulis studi Carol Johnston, PhD, associate director dari School of Nutrition and Health Promotion at Arizona State University. Penghambatan itulah yang menjadi kunci penurunan berat badan.

 

Meski demikian, sebagian besar ahli gizi tetap skeptis mengenai manfaat cuka apel untuk membantu program diet. Mereka mengatakan, diperlukan lebih banyak bukti untuk mendukung klaim manfaat cuka apel terhadap penurunan bobot tubuh.

 

Tapi, selama Anda tidak memiliki masalah toleransi makanan yang bersifat asam (seperti GERD atau gangguan pencernaan), minum cuka apel tidak akan menyakiti Anda, kata Kimberly Gomer, seorang ahli diet terdaftar di Pritkin Longevity Center + Spa di Miami. Berpikir untuk mencobanya? Berikut ini caranya.

 

Pilih cuka yang tepat.

Anda tidak benar-benar harus membatasi diri dengan hanya memilih cuka apel, karena semua cuka mengandung asam asetat. "Cuka anggur memiliki rasa yang lebih halus," kata Johnston. Cari produk dengan tingkat keasaman lima persen.

 

Minum sedikit saja.

Mengonsumsi terlalu banyak asam asetat dapat menyakiti tenggorokan Anda. Satu sendok makan cuka apel dicampur dengan delapan ons air dan minum sebelum makan adalah dosis yang aman, kata Johnston.

 

Jangan mengharapkan keajaiban.

Meskipun dapat membantu memblokir beberapa jenis pati, minum cuka apel tidak serta merta membuat Anda langsing bak model.

"Cuka dapat membantu Anda menurunkan 2,5 kg dalam seminggu," kata Johnston. Untuk melihat perbedaan yang nyata, Anda harus melihatnya dalam waktu tiga atau empat bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com