Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2016, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puasa memang bukan halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Tubuh justru perlu melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat dan bugar.

Fitness First Indonesia mengeluarkan program WillPower Training yang dirancang khusus untuk melatih kebugaran selama bulan puasa.

"Ada perubahan siklus tubuh di bulan puasa. Jadi program latihan ini dirancang khusus dengan mengikuti kebutuhan tubuh sesuai perubahan yang terjadi setiap minggunya," ujar National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dr. Alia Basamalah.

Alia memaparkan, pada minggu pertama, aktivitas fisik yang dilakukan hanya gerakan sederhana dan menggunakan bobot tubuh sendiri sebagai beban, seperti step up dan squat. Sebab, di minggu pertama, tubuh masih beradaptasi dengan perubahan saat puasa.

Minggu kedua, intensitas latihan ditingkatkan sedikit dengan bantuan menggunakan alat-alat sederhana, ragam gerakan juga lebih kompleks. Peningkatan intensitas latihan dilakukan secara bertahap.

Minggu ketiga, program latihan fokus pada koordinasi tubuh dengan melakukan gerakan tiga dimensi atau ke segala arah. Menurut Alia, selama ini lebih banyak orang hanya melakukan gerakan ke depan dan ke belakang atau gerakan menyamping.

"Jadi lebih banyak otot yang tadinya enggak kita latih, ya kita latih di gerakan ini," jelas Alia.

Minggu keempat, intensitas latihan kembali dikurangi dan fokus pada latihan core atau untuk bagian perut. Menurut Alia, pada minggu ke empat puasa, banyak orang mulai sibuk menyiapkan lebaran dan mudik sehingga intensitas latihan dikurangi.

"Latihan di minggu ke empat berfungsi menguatkan tubuh secara total," kata Alia.

Marketing Manager Fitness First Indonesia Julia Nurdin mengatakan, program latihan WillPower ini bisa diikuti oleh siapa saja, baik anggota Fitness First maupun bukan. Gerakan latihan WillPower bisa didapatkan dengan mengunduh CustomFit dari FItness First secara gratis.

Sesi latihan dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu selama 20-30 menit. Untuk latihan selama bulan puasa, Anda bisa memilih waktu sesaat sebelum berbuka puasa atau pada sore hari, setelah berbuka puasa tetapi sebelum makan malam, atau setelah makan malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com