Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gangguan Kecemasan yang Dialami Zayn Malik

Kompas.com - 14/06/2016, 14:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Kecemasan yang terjadi secara berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari bisa jadi merupakan gangguan cemas, yaitu salah satu masalah kesehatan jiwa. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, termasuk para selebritis yang kita anggap hidupnya sudah enak.

Zayn Malik, mantan anggota grup band One Direction membatalkan penampilannya di London Capital Summertime Ball. Alasannya, ia mengalami serangan kecemasan.

Penyanyi tampan asal Inggris ini menjelaskan lewat akun Instagram dan Twitter alasan pembatalan tersebut. "Kegelisahan yang menghantui saya beberapa bulan mendekati konser membuat saya jadi lebih baik...semakin besar konser, saya mengalami kecemasan terburuk dalam karir saya," tulisnya dalam pernyataan untuk penggemar.

Pemaparan jujur Malik itu merupakan bukti betapa hebat serangan kecemasan bagi yang mengalaminya. Jutaan orang juga mengalami hal ini. Menurut National Institute of Mental Health, kelainan mental ini diderita sekitar 18 persen orang dewasa di Amerika Serikat.

"Cemas menjelang tampil bukanlah hal tak lazim," kata Gail Saltz, MD, editor psikologi untuk Health.com. "Jika tak ditangani, seseorang dapat mengalami gangguan psikis dan kecemasan berkembang menjadi parah. Napas tersengal-sengal, berkeringat, dan mual adalah gejala kepanikan menjelang tampil di panggung.

Gigi Hadid, supermodel sekaligus pacar Malik mendukung keputusannya dan menulis di Twitter,"Kamu membuat keputusan terbaik dan memberi fans kesempatan mengenal dirimu lebih baik sebagai seorang artis."

Dengan begini, Malik membantu orang lain untuk mengerti bahwa di luar sana ada banyak orang yang menderita serangan seperti ini. Dan mereka tak sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com