Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini

Kompas.com - 14/06/2016, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penuaan tidak bisa dihentikan karena merupakan proses alami pada tubuh. Tetapi, penuaan dini bisa dicegah. Sebab, penuaan dini terjadi karena faktor eksternal, seperti gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Susie Rendra mengatakan, banyak cara untuk membuat seseorang terlihat awet muda. Berikut cara agar tetap awet muda dengan mencegah penuaan dini.

1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan. Di tengah aktivitas yang padat, sinar matahari terkadang tak bisa dihindari. Untuk itu usahakan selalu melindungi diri dari sinar matahari, seperti menggunakan sunblock atau tabir surya. Penggunaannya pun disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan.

"Kalau berenang gunakan sunscreen yang tahan air. Atau cari yang sweat proof, water resistant kalau aktivitas outdoor," kata Susie, Senin (13/6/2016).

2. Cukup tidur

Tidur merupakan waktu terbaik bagi kulit melakukan regenerasi. Susi menjelaskan, kurang tidur dapat menurunkan kadar hormon melatonin. Padahal, selain untuk meningkatkan kualitas tidur, melatonin juga memiliki fungsi menghambat penuaan.

"Kalau tidur kurang membuat efek penuaan lebih cepat. Tidurlah cukup sekitar 7-8 jam pada malam hari," jelas Susie.

3. Stop senam wajah berlebihan

Menurut Susie, senam wajah berlebihan justru bisa membuat kerutan mudah muncul. Gerakan berlebihan, seperti halnya wajah terlalu ekspresif (tertawa atau marah) bisa menyebabkan kerutan karena menggerakan otot wajah yang berlebihan.

4. Konsumsi antioksidan

Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayur dan buah-buahan untuk mencegah efek radikal bebas. Atau bisa juga dengan minum suplemen vitamin dan mineral.

Radikal bebas di dalam tubuh bisa mempercepat proses penuaan. Hindari konsumsi makanan terlalu manis atau tinggi gula karena bisa menghasilkan radikal bebas.

5. Rutin melakukan perawatan kulit

Jika ingin awet muda, rutinlah melakukan perawatan kulit. Mulai dari menggunakan pembersih wajah, pelembab, krim malam hingga sunblock atau tabir surya.

Hal ini untuk membuat kulit tetap bersih dan menjaga kulit tetap sehat sehingga memperlambat proses penuaan. Tentunya menggunakan krim perawatan wajah disesuaikan dengan jenis kulit.

6. Gaya hidup sehat

Terapkanlah gaya hidup sehat, seperti tidak merokok. Merokok dapat menciptakan radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh sehingga bisa mempercepat proses penuaan. Selain itu, lakukan olahraga teratur, cukup tidur, dan hindarilah stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com