Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2016, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Tubuh kita sebenarnya adalah eksosistem yang rapuh dan perlu dipelihara dengan baik. Apa yang kita asup dan kebiasaan sehari-hari bukan hanya memengaruhi kesehatan fisik, tapi juga kadar hormonal.

Keseimbangan hormonal yang baik merupakan faktor yang memengaruhi kesehatan. Walau jumlahnya sangat sedikit, namun hormon yang tidak stabil berpengaruh besar pada mood dan kesehatan.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk menjaga keseimbangan hormonal.

Estrogen
Pola makan juga berpengaruh pada estrogen, hormon perempuan yang mengatur siklus menstruasi dan pertumbuhan payudara, selain juga melindungi tulang ini.

Menjaga berat badan tidak berlebihan akan menjaga level estrogen tetap normal. Berat badan kurang akan mengurangi produksi hormon ini, sementara obesitas bisa menyebabkan estrogen berlebihan. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti biji-bijian utuh, buah, dan sayuran, terutama brokoli, kol, dan kembang kol.

Adrenalin
Hormon yang terkait dengan stres ini, memberi kita energi untuk bertahan atau menyelamatkan diri dalam situasi penuh tekanan. Namun, kelebihan adrenalin saat kita tak berhadapan dengan ancaman besar, justru berahaya.

Cara terbaik untuk mengontrol hormon ini adalah mengendalikan stres. Ada banyak aktivitas yang bisa mengurangi stres, mulai dari mendengar musik sampai meditasi.

Testosteron
Dikenal juga sebagai hormon laki-laki, testosteron bukan hanya krusial dalam masa pubertas dan dewasa untuk memproduksi sperma. Testosteron juga memengaruhi kehidupan seksual dan level energi.

Konsumsi makanan sehat, seperti produk kedelai, anggur, delima, serta ikan tuna, yang diketahui bisa memicu produksi testosteron.

Kortisol
Ini adalah hormon lain yang terkait erat dengan stres. Selain diperlukan saat kita menghadapi situasi mengancam, kortisol juga memengaruhi imunitas, pencernaan, dan dorongan seksual. Kendalikan stres Anda agar tubuh tidak berlebihan memproduksi kortisol. Kelebihan hormon ini dapat menyebabkan hipertensi, libido rendah, dan juga jerawat.

Insulin
Dalam jumlah yang tepat, olahraga bisa berdampak positif pada level insulin, terutama orang yang diabetes. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas dan membantu glukosa dari makanan masuk ke dalam sel.

Pada orang yang diabetes, olahraga tidak boleh berlebihan karena bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com