Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2016, 16:00 WIB

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karbohidrat dan cemilan kerap dianggap sebagai penyebab kegemukan. Ternyata, ada cemilan sarat karbohidrat yang bisa membantu menjaga berat badan.

Karbohidrat kerap dijauhi para pelaku diet. Mulai dari mengurangi asupan hingga tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali sering dilakukan oleh para pelaku diet.

Camilan pun demikian. Tak sedikit pelaku diet yang menghindari camilan. Apalagi camilan yang mengandung karbohidrat, bisa jadi dianggap sebagai barang ‘terlarang’.

“Tak ada alasan untuk menjauhi karbohidrat. Tubuh butuh karbohidrat sebagai bahan bakar, terutama jika Anda rutin berolahraga,” ujar Ilyse Schapiro, RD, ahli nutrisi dan penulis buku Should I Scoop out My Bagel?.

Justru sebaliknya, ketidakhadiran karbohidrat dalam jangka panjang bisa memicu ketidakseimbangan dalam tubuh. Alhasil, program diet pun berantakan.

“Akan tiba waktunya tubuh menuntut asupan karbohidrat. Dan ketika tiba waktunya, sangat mungkin Anda akan kalap sehingga merusak keseimbangan tubuh,” papar Schapiro.

Agar tubuh tidak kekurangan ‘sentuhan’ karbohidrat, berikut beberapa camilan sarat karbohidrat yang bisa disantap meski Anda sedang dalam program diet. Duet maut karbohidrat dan camilan ini ternyata bermanfaat dan bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Sereal

Menurut Schapiro, sereal merupakan camilan yang sangat cocok dikonsumsi sebelum berolahraga.  Sereal bisa disantap dengan susu cair di pagi hari.

Menu sereal yang baik mengandung sekitar 3 gram serat, 8 gram gula, dan 150 kalori tiap porsinya. Perlu dicatat, jangan mencampur sereal dengan bahan makanan lain yang mengandung kadar gula tinggi.

Popcorn

Popcorn tak sekedar camilan saat nonton film. Camilan satu ini mengandung sekitar 30 kalori per porsi kecil. Anda bisa menyantap 3 sampai 4 porsi kecil popcorn dan program diet tak terganggu.

“Popcorn juga mengandung serat yang bisa menekan nafsu makan,” ujar Schapiro. Perlu dicatat, campuran mentega pada popcorn memang lezat. Sayangnya, Anda harus menyingkirkan itu dari popcorn agar program diet tak terganggu.

“Buatlah popcorn versi Anda yang sehat. Misalnya, campurkan popcorn dengan minyak zaitun atau garam sehat,” ujar Schapiro.

Pisang mentah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com