Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puasa Bikin Sering Kantuk, Bagaimana Baiknya?

KOMPAS.com – Perubahan pola makan dan kegiatan selama bulan puasa dapat memengaruhi jam biologis dan metabolisme tubuh.

Salah satu akibat dari terjadinya perubahan ritme sirdikasi tersebut, tidak lain yakni sering mengantuk saat puasa.

Seperti diketahui, bulan Ramadhan mengahuruskan umat muslim untuk berpuasa pada siang hari.

Hal ini bisa berdampak pada perubahan pola tidur.

Aktivitas seperti makan, minum, interaksi sosial, dan bahkan olahraga kerap dialihkan pada malam hari sehingga mengurangi jam tidur maupun kulalitas tidur di bulan puasa.

Belum lagi, umat muslim harus bangun lebih awal atau pada dini hari untuk santap sahur sebagai modal melaksanakan puasa seharian.

Dokter RS PKU Muhammadiyah Solo, dr. Dien Kalbu Ady, menyebut perubahan pola tidur dan aktivitas tersebut akhirnya dapat menyebabkan seseorang mengantuk dan sulit berkonsentrasi saat berpuasa di siang hari.

Cara mengatasi kantuk saat berpuasa

Dia menyampaikan, berdasarkan hasil studi, rata-rata umat muslim yang menjalankan puasa melakukan penundaan waktu tidur hingga 1 jam di bulan Ramadhan.

Selain itu, jam tidur masyarakat juga bisa berkurang hingga 30 menit- 1 jam sehingga akhirnya menyababkan kantuk pada siang hari.

dr. Dien berpendapat rasa kantuk pada siang hari oleh orang yang berpuasa bisa saja ditekan.

Berikut yang disarankan:

1. Tidur siang sejenak

Jika memungkinkan, Anda dianjurkan mengambil waktu sebentar untuk tidur siang.

dr. Dien menyakini, dengan tidur siang, rasa kantuk itu akan hilang.

Tapi, dia menganjurkan tidur siang tidak dilakukan terlalu lama lebih dari 30 menit karena malah bisa membuat tubuh menjadi lemas.

dr. Dien menyarankan, tidur siang cukup hanya dilakukan selama 10-25 menit agar tidak semakin mengganggu jam biologis tubuh.

2. Buat jadwal tidur malam

Menurut dia, rasa kantuk pada siang hari juga bisa ditekan dengan menjaga jam tidur di malam hari.

Rasa cukup tidur di malam hari bisa menyebabkan seseorang tidak memiliki “hutang tidur” di siang hari sehingga tetap terjaga.

3. Bergerak

Jangan terlalu sering duduk atau diam di tempat pada siang hari, termasuk saat bekerja atau belajar. Pasalnya, hal itu bisa memicu rasa kantuk.

Sebagai solusinya, kata dr. Dien, cobalah untuk menggerakan badan atau jalan-jalan ketika rasa kantuk itu menyergap. Rasa kantuk pada siang hari biasanya muncul juga karena otak kekurangan pasokan oksigen.

4. Jangan terpaku pada layar komputer atau gawai

Terlalu terpaku pada komputer atau gadget dapat membuat seseorang hanya terfokus pada satu pandangan yang monoton. Hal itu bisa memicu rasa lelah dan kantuk.

Jadi, Anda dianjurkan untuk mengganti pemandangan, teutama ketika kantuk menyerang. Alihkan pemandangan dari layar selama 20 detik dan ulangi hal itu selama 2 menit untuk membuat mata jadi rileks dan segar.

5. Cari sinar matahari

Rasa kantuk juga bisa muncul karena pencahayaan yang diterima mata meredup. Pada kondisi itu, mata akan menangkap sinyal uuntuk berinstirahat sehingga Anda bisa jadi mengantuk.

Untuk mengatasinya, dr. Dien menyarankan kepada Anda untuk mencari sinar matahari langsung atau bisa juga dengan menyalakan lampu di ruangan.

6. Mengobrol

Mengobrol bisa juga dilakukan untuk mengatasi kantuk karena bisa meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan berkonsentrasi.

7. Jaga pola makan

dr. Dien menyebut, pola makan yang kurang baik saat berbuka puasa dan sahur juga bisa mempengaruhi rasa kantuk pada siang hari.

Misalnya saja, seseorang kurang minum air putih sejak waktu berbuka dan sahur. Padahal, dehidrasi bisa memengaruhi kerja otak dan membuatnya merasa lelah.

Kurangnya air minum membuat dorongan untuk tidur lebih tinggi sehingga orang selalu merasa mengantuk.

https://health.kompas.com/read/2020/04/27/033200268/puasa-bikin-sering-kantuk-bagaimana-baiknya-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke