Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan?

Untuk memangkas berat badan, seseorang perlu rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat, serta tidur minimal enam jam setiap malam.

Lantas, apakah minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan?

Minum air putih untuk menurunkan berat badan

Manfaat minum air putih yang utama adalah menjaga hidrasi tubuh agar seseorang tidak kekurangan cairan.

Dilansir dari EatThis, studi yang diterbitkan di Annals of Family Medicine menyebut, minum air putih potensial untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurut ahli, minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan karena seseorang yang minum air putih cenderung tidak mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti minuman manis.

Selain bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengontrol keinginan minum minuman tinggi kalori, minum air putih juga dapat meredam keinginan makan berlebih.

Melansir Men's Health, minum air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh dapat mencegah makan dan mengemil tidak sehat.

Apabila minum air putih konsisten diimbangi makan asupan sehat serta seimbang, tubuh lebih mampu mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang.

Dengan begitu, berat badan seseorang bisa lebih terkontrol.

Ahli gizi yang berbasis di Philadelphia AS, Kelly Jones, MS, RD, CSSD, LDN., menyebut efek minum air putih bisa menurunkan berat badan tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

"Minuman dan makanan yang masuk ke tubuh memberi tekanan pada saraf di saluran pencernaan untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Tapi itu tidak lama," kata Jones, kepada Men's Health.

Menurut Jones, tanpa diimbangin asupan protein, lemak sehat, dan serat, sinyal rasa kenyang dari minum air putih akan menghilang setelah air keluar dari tubuh lewat urine atau keringat.

"Tak lama berselang atau di ujung hari, biasanya seseorang akan merasa sangat lapar dan akhirnya makan berlebihan," kata dia.

Bagaimana baiknya?

Minum air untuk menurunkan berat badan tujuannya baik apabila bisa mengurangi asupan minuman manis berlebihan.

Dalam sehari, cukupi kebutuhan air dengan minum setidaknya delapan gelas setiap hari. Kebutuhan tersebut bervariasi menurut aktivitas dan kondisi kesehatan masing-masing.

Tiga jam sebelum berolahraga, Anda disarankan minum air putih paling tidak 600 mililiter.

Saat olahraga, ganti cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih lagi. Takarannya disesuaikan dengan berat badan.

Timbang bobot tubuh sebelum dan sesudah sesi latihan. Untuk setiap pon berat badan yang hilang, minum air putih tambahan sebanyak 0,4-0,5 liter.

Hal yang perlu diingat, haus tidak bisa jadi patokan untuk menentukan kapan waktu minum air putih yang tepat.

Walaupun Anda ingin membantu menurunkan berat badan lewat beragam cara, hati-hati terlalu banyak minum air putih bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh.

Kondisi ini disebut hiponatremia atau natrium dalam darah terlalu rendah.

Dampaknya, tubuh bisa mengalami gejala mual, lelah, kerusakan otak, sampai kematian.

https://health.kompas.com/read/2020/09/14/060300568/apakah-minum-air-putih-bisa-menurunkan-berat-badan-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke