Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Rendah Karbohidrat

KOMPAS.com - Nasi adalah makanan pokok banyak orang di dunia. Nasi mudah didapat, murah, dan mengenyangkan.

Selain itu, nasi memiliki rasa yang ringan serta mudah diolah dalam berbagai hidangan.

Sayangnya, nasi sering dianggap sebagai ancaman bagi banyak orang. Alasan utamanya karena mengandung karbohidrat yang meningkatkan risiko obesitas.

Apalagi belakangan ini sedang tren diet rendah karbohidrat dan diet keto sehingga nasi menjadi makanan yang sebisa mungkin dihindari.

Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk mengganti peran nasi dalam diet rendah karbohidrat.

Makanan-makanan ini mudah didapat dan memiliki kandungan karbohidrat rendah sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet rendah karbohidrat.

Berikut ini beberapa alternatif penggati nasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk konsumsi harian:

1. Kembang kol

Kembang kol adalah alternatif nasi yang mengandung rendah karbohidrat dan rendah kalori. Kembang kol memiliki rasa yang ringan, serta tekstur yang hampir sama dengan nasi.

Bagi Anda atau siapa pun yang menjalani diet rendah karbohidrat, kembang kol bisa jadi opsi alternatif nasi paling baik.

Satu porsi kembang kol (57 gram) hanya memiliki 13 kalori. Dengan porsi yang sama, nasi memiliki kandungan sampai 100 kalori.

2. Brokoli

Brokoli adalah alternatif berikutnya setelah kembang kol.

Kandungan nutrisi brokoli hampir sama dengan kembang kol. Dalam satu porsi brokoli (57 gram), terkandung 15 kalori dan 2 gram serat.

Selain rendah kalori, brokoli juga kaya vitamin C. Oleh sebab itu, brokoli bisa jadi konsumsi harian Anda sebagai pengganti nasi.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki adalah alternatif nasi beras berikutnya. Nasi shirataki juga umum jadi makanan tradisional/sehari-hari di Jepang.

Nasi shirataki berasal tanaman konjak atau porang. Tanaman tersebut cukup mudah didapatkan di Indonesia.

Satu porsi nasi shirataki (85 gram) mengandung kalori di bawah 5 kalori. Selain itu, ada juga kandungan glukomanan yang dipercaya bermanfaat bagi usus Anda.

4. Kubis

Satu cangkir kubis mengandung 12 gram karbohidrat. Dengan kandungan karbohidrat yang rendah, kubis bisa jadi alternatif pengganti nasi bagi program diet Anda.

Kubis juga mengandung vitamin C dan K yang bagus. Sebagai informasi, vitamin K membantu tubuh Anda mengatur pembekuan dan sirkulasi darah. Selain itu, vitamin K juga baik bagi kesehatan tulang.

Sekilas, zuchhini atau zukini mirip dengan timum jepang. Walaupun bentuknya mirip, kedua makanan ini punya perbedaan mendasar.

Zukini bisa Anda jadikan alternatif pengganti nasi. Praktik zukini sebagai pengganti nasi bisa dilihat dalam beberapa makanan Eropa, terutama yang berasal dari Italia.

Zukini termasuk makanan rendah karbohidrat. Dalam secangkir zukini, terkandung 4 gram karbohidrat.

https://health.kompas.com/read/2021/01/30/060000368/5-makanan-pengganti-nasi-untuk-diet-rendah-karbohidrat

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke