Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Buktikan Senam Tai Chi Dapat Bantu Atasi Gejala Penyakit Paru

KOMPAS.com - Maraknya virus Covid-19 yang menyerang paru-paru membuat kita harus selalu menjaga kesehatan oragan dalam tersebut.

Tentu banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti makan makanan sehat, menghindari merokok, berjemur di bawah sinar matahari, dan rajin berolahraga. 

Namun, bagi beberapa orang kegiatan fisik bukanlah hal yang mudah. Bagi orang yang memiliki Penyakit Paru Obstruktif Kronis misalnya, kegiatan fisik cukup menjadi tantangan.

Melansir CDC, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) merupakan sekelompok penyakit yang membatasi peredaran udara yang membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas dan keterbatasan fungsi fisik.

Bronkitis kronis dan emfisema merupakan dua kondisi yang paling sering terjadi.  

Namun, berdasarkan penelitian di jurnal PLOS One, olahraga Tai Chi terbukti dapat membantu meningkatkan fungsi fisik, keyakinan diri, dan kualitas hidup seseorang dengan PPOK.  

Pasalnya, penelitian tersebut mengatakan bahwa program integratif pikiran-tubuh seperti olahraga Tai Chi menggabungkan aerobik, kekuatan, dan latihan keseimbangan, dengan teknik pernapasan, mindfullness, and kesadaran internal yang terfokus.

Tai Chi memiliki strategi pernapasan yang disebut pola pernapasan lambat.

Pola pernapasan inilah yang berdampak positif bagi tidak hanya fisiologis, tetapi juga psikologis. Hal ini terbukti dari variabilitas denyut jantung, tekanan darah, suasana hati, dan kualitas hidup terkait penyakit, pada populasi PPOK dan non-PPOK.  

Dengan menerapkan olahraga Tai Chi secara teratur, penderita PPOK dapat dengan mandiri menangani gejala kecemasan dan sesak napas. Mereka juga dapat dengan leluasa beraktivitas fisik. 

Menurut studi ini, olahraga Tai Chi tidak hanya baik untuk penderita, tetapi juga bermanfaat untuk orang biasa yang ingin mempertahankan kesehatan paru-paru dan jiwanya.

https://health.kompas.com/read/2022/03/04/060000468/studi-buktikan-senam-tai-chi-dapat-bantu-atasi-gejala-penyakit-paru

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke