Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Tak Hanya Cukup Minum Air Putih

Akan tetapi, seseorang butuh menjalani sederet gaya hidup sehat agar kesehatan organ vitalnya ini tetap terjaga.

Seperti diketahui, beberapa kebiasaan yang kita lakukan perlahan-lahan dapat merusak ginjal. Proses kerusakannya dimulai dari penurunan fungsi ginjal, sampai organ vital ini mengalami gagal ginjal atau tidak berfungsi.

Sebelum menyimak beberapa cara menjaga kesehatan ginjal, ketahui dulu pentingnya organ vital ini.

Fungsi ginjal

Dilansir dari WebMD, ginjal adalah sepasang organ berukuran sekepal tangan orang dewasa.

Organ vital ini terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di bawah tulang rusuk atau di perut bagian belakang.

Fungsi ginjal manusia utamanya untuk:

  • Menyaring darah
  • Membuang limbah kotoran dari tubuh
  • Mengontrol keseimbangan cairan tubuh
  • Membantu produksi sel darah merah
  • Menjaga tekanan darah

Apabila ginjal rusak, beberapa fungsi di atas tidak bisa berjalan optimal. Dampaknya, penderita merasakan beberapa tanda-tanda penyakit ginjal.

Cara menjaga kesehatan ginjal

Ginjal bisa rusak karena cedera fisik atau gangguan kesehatan jangka panjang karena gaya hidup tidak sehat.

Dikutip dari National Kidney Foundation, berikut beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu dilakukan setiap hari:

  • Batasi garam dan natrium

Mengonsumsi makanan tinggi garam, sodium, natrium, atau segala jenis penyedap dapat meningkatkan tekanan darah. Apabilla kondisi ini terjadi berkepanjangan, lama-kelamaan ginjal bisa rusak.

Menurut Kementerian Kesehatan, batas aman konsumsi garam atau natrium per hari untuk orang sehat maksimal 2.000 miligram natrium, atau setara satu sendok teh garam per hari.

Mulai sekarang, baca dengan cermat kandungan natrium, sodium, dan garam dari asupan yang Anda konsumsi setiap hari.

Jika sulit membatasi asupan garam, coba kurangi porsinya secara bertahap. Untuk menambah cita rasa, ganti penyedap dengan rempah-rempah.

  • Jangan mengonsumsi asupan tinggi gula

Gula dapat menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Dua masalah kesehatan tersebut adalah penyebab penyakit ginjal.

Selain dikonsumsi dalam bentuk minuman dan makanan manis, asupan tinggi gula lainnya yang kerap tidak disadari yakni bumbu instan, aneka saus, roti, dll.

Perhatikan setiap membeli bahan makanan kemasan. Minimalkan konsumsi makanan yang mengandung gula dan diberi gula tambahan.

  • Batasi atau hindari makanan instan dan berpengawet

Makanan instan, olahan, dan berpengawet banyak mengandung natrium dan fosfor. Keduanya bisa merusak ginjal apabila terlalu sering dikonsumsi.

Sejumlah penelitian menunjukkan, kandungan fosfor yang tinggi dalam makanan olahan dapat membahayakan kesehatan ginjal dan tulang.

Untuk itu, hindari atau sebisa mungkin minimalkan konsumsi makanan olahan seperti kornet, nugget, sosis, segala jenis frozen food, dan makanan berpengawet.

  • Makan daging berlebihan

Makan daging berlebihan juga bisa jadi salah satu kebiasaan yang merusak ginjal. Pasalnya, hewani bisa meningkatkan produksi asam di dalam darah.

Tingginya kadar asam dalam darah dapat memicu asidosis, atau kondisi ketika kadar asam dalam darah tinggi dan sulit dinetralisir oleh ginjal.

Mulai sekarang, hindari makan daging secara berlebihan. Pastikan Anda menjalani pola makan bergizi seimbang, lengkap dengan buah dan sayur di setiap sesi makan.

  • Hindari minum minuman keras

Penelitian menyebutkan, minum alkohol lebih dari empat gelas sehari dapat merusak ginjal. Risiko ginjal rusak jadi lebih tinggi apabila seseorang merokok sekaligus minum alkohol berlebihan.

Peluang menderita gagal ginjal golongan ini bisa lima kali lebih besar ketimbang orang yang menjalani gaya hidup sehat. Untuk itu, hindari atau sebisa mungkin minimalkan minuman beralkohol.

  • Cermat minum obat penghilang rasa sakit

Obat anti-nyeri atau penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat meringankan rasa sakit dan nyeri.

Namun, konsumsi obat ini tak boleh berlebihan dan berkepanjangan karena dapat merusak ginjal. Terutama bagi orang yang punya riwayat penyakit ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, pastikan Anda cermat minum segala jenis obat yang dijual bebas, termasuk obat penghilang rasa sakit dan segala jenis suplemen.

Selain itu, jangan pernah minum obat dan suplemen melebihi dosis yang dianjurkan.

  • Setop merokok

Tak hanya pola makan tidak sehat, kebiasaan merokok juga dapat merusak ginjal. Pasalnya, kandungan zat berbahaya dalam rokok bisa meningkatkan kadar protein yang dapat merusak ginjal.

Untuk itu, setop merokok dan hindari paparan asap rokok demi menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan secara keseluruhan.

  • Tidur cukup dan berkualitas setiap hari

Banyak orang yang terbiasa begadang dan kurang tidur setiap hari. Kebiasaan ini lama-kelamaan bisa merusak ginjal.

Tidur malam berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, fungsi ginjal sangat dikontrol jam biologis tubuh.

Apabila kurang tidur berlangsung dalam waktu yang lama, beban kerja ginjal bisa terus bertambah, dan lambat laun ginjal bisa rusak.

Coba beberapa cara menjaga kesehatan ginjal selain minum cukup air putih di atas. Dengan begitu, organ vital ini dapat bekerja dengan optimal.

https://health.kompas.com/read/2022/03/05/202000068/8-cara-menjaga-kesehatan-ginjal-tak-hanya-cukup-minum-air-putih

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke