BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Siladex
Salin Artikel

Mau Kencan tapi Malah Kena Batuk Berdahak? Segera Atasi dengan Cara Berikut

KOMPAS.com – Bagi seseorang yang tengah dilanda asmara, kencan dengan orang yang disuka tentu merupakan momen spesial.

Demi menyambut momen penting tersebut, banyak orang rela mempersiapkannya secara matang. Perencanaan pun diatur sedemikian rupa, mulai dari topik obrolan, tempat, hingga pakaian. Tujuannya, agar dapat memberikan kesan yang baik terhadap pasangan.

Meski begitu, rencana bisa saja buyar seketika lantaran menjelang hari penting tersebut, kamu malah terserang penyakit, seperti batuk. Apalagi, jika batuk yang diderita mengandung banyak dahak.

Sebagai informasi, dahak adalah lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan untuk melembapkan sekaligus melindungi saluran pernapasan dari benda asing atau infeksi.

Kondisi batuk berdahak biasanya membuat penderita jadi tidak nyaman. Sebab, tak jarang dahak yang diproduksi tubuh terlalu banyak dan kental. Kondisi ini membuat dahak sulit dikeluarkan dan menyumbat saluran pernapasan.

Adapun dahak pada tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti merokok, sinusitis, udara kering, konsumsi obat tertentu, dan minim konsumsi air putih.

Meski tak tergolong berat, batuk berdahak pun bisa berakibat fatal. Selain membuat badan tidak fit, suara batuk sepanjang kencan bisa mengganggu suasana romantis yang tengah dibangun.

Oleh karena itu, segera atasi batuk agar kencan yang sudah dijadwalkan dapat berjalan lancar sesuai harapan. Berikut cara ampuh untuk meredakan batuk berdahak.

1. Banyak minum air hangat

Air hangat memiliki khasiat untuk meredakan berbagai jenis batuk. Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (12/1/2022), air hangat dapat memicu produksi banyak saliva (air liur) yang bisa membantu melubrikasi tenggorokan.

Tak hanya itu, meminum air hangat dengan sedikit rasa manis juga dapat memberikan efek langsung dalam mengurangi sakit tenggorokan. Bahkan, efek tersebut dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

2. Konsumsi madu

Dilansir dari laman verywellhealth.com, Kamis (21/10/2021), salah satu obat alami yang dapat membantu meredakan semua jenis batuk adalah madu.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi sesendok madu dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan batuk pada orang dewasa dan anak-anak.

Pasalnya, madu mengandung antioksidan dan antimikroba yang berperan aktif dalam membantu penyembuhan batuk.

Kedua zat tersebut dinilai dapat bertindak sebagai demulcent atau zat yang dapat melapisi dan menenangkan selaput lendir pada tenggorokan.

3. Konsumsi buah

Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin juga menjadi salah satu upaya untuk meredakan batuk. Makanan tersebut adalah buah-buahan.

Sebagai informasi, buah-buahan merupakan makanan yang banyak mengandung nutrisi, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral.

Semua nutrisi tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mencegah flu dan batuk, serta mempercepat penyembuhan batuk.

4. Minum obat batuk

Meminum obat merupakan cara paling baik untuk meredakan sekaligus mengatasi batuk yang diderita.

Meski begitu, kamu sebaiknya mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan jenis batuk yang dialami agar hasilnya lebih optimal.

Bila menderita batuk berdahak, kamu dapat mengonsumsi obat batuk berlabel ekspektoran. Adapun salah satu obat yang tersedia di pasaran adalah produk Siladex Mucolytic and Expectorant dari Konimex.

Sebagai informasi, Siladex Mucolytic and Expectorant dengan kemasan warna hijau tersebut mengandung bromhexine HCL yang tergolong dalam jenis ekspektoran atau mukolitik.

Berkat kandungan tersebut, Siladex Mucolytic and Expectorant dapat membantu mengencerkan dan mempermudah pengeluaran dahak hingga meredakan batuk.

Tak hanya itu, Siladex Mucolytic and Expectorant juga mengandung guaifenesin yang berfungsi untuk membantu mengatasi batuk berdahak atau meredakan penumpukan dahak di saluran pernapasan akibat flu atau bronkitis akut.

Sementara, untuk mengatasi batuk pilek, Konimex juga memiliki solusi melalui produk Siladex Cough and Cold. Seperti diketahui, batuk pilek umum terjadi karena faktor cuaca yang dingin.

Di tengah intensitas hujan yang tinggi seperti saat ini, risiko seseorang untuk terkena penyakit tersebut cenderung lebih tinggi.

Dilansir dari laman Medicilin.com, cuaca dingin yang disebabkan oleh hujan dapat membuat seluruh lapisan tubuh menjadi kedinginan.

Hal tersebut sering kali menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau vasokonstriksi yang dapat memengaruhi keseimbangan bakteri dan sistem imun pada tubuh.

Adapun Siladex Cough and Cold dengan kemasan berwarna biru efektif membantu meredakan batuk tidak berdahak yang disertai pilek, bersin, dan hidung tersumbat berkat kandungan dextromethorphan Hbr, doxylamine succinate, pseudoephedrine HCL.

Selain kedua produk tersebut, ada juga Siladex DMP dengan kemasan warna kuning dan biru yang berfungsi untuk membantu mengatasi batuk tidak berdahak yang disertai alergi dan dapat membantu istirahat kamu berkat kandungan dextromethorphan Hbr dan diphenhydramine HCL.

Sementara, untuk mengatasi batuk tidak berdahak yang tidak disertai alergi sekaligus membuat kamu tetap bisa beraktivitas, Konimex juga memiliki produk Siladex Antitusive dengan kemasan warna merah. Obat ini mengandung dextromethorphan Hbr dan chlorphenamine maleate.

Itulah beragam jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk meredakan berbagai macam jenis batuk sebelum waktu kencan bersama pasangan tiba.

Dengan mengatasi batuk, kamu bisa menjalani kencan dengan nyaman dan bahagia. Maka dari itu, pastikan #janganadabatukdiantarakita dengan mengonsumsi #Siladex dari Konimex saat batuk menyerang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Siladex, silakan kunjungi tautan berikut.

https://health.kompas.com/read/2022/03/23/113300568/mau-kencan-tapi-malah-kena-batuk-berdahak-segera-atasi-dengan-cara-berikut

Bagikan artikel ini melalui
Oke